Ribuan Pemudik Balik Motor Gratis Berangkat Pakai KM Dobonsolo dari Semarang

Sabtu, 08/06/2019 21:56 WIB

Semarang, Jurnas.com - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melepas voyage  perdana kapal KM Dobonsolo yang mengangkut 1.542 pemudik balik gratis dan 665 unit sepeda motor dari Terminal Penumpang  Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Pelabuhan Tanjung Priok  Jakarta pada Sabtu sore ini (8/6/2019).

Pelepasan ini dilakukan oleh Dirjen Perhubungan Laut yang diwakili oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut,  Capt Wisnu Handoko didampingi Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas, Ahmad Wahid dan para pejabat serta stakeholders terkait di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

"Sebanyak 1.542 orang penumpang dan 665 sepeda motor peserta mudik balik gratis sepeda motor dengan kapal laut telah diberangkatkan dengan kapal KM Dobonsolo yang dioperatori PT Pelni dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang tujuan Jakarta sore ini (8/6/2019)," kata Capt. Wisnu Handoko di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Menurut Capt. Wisnu, Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada para pemudik yang telah mendaftar dan memanfaatkan kapal laut sebagai sarana transportasi untuk kembali ke Jakarta.

"Keikutsertaan masyarakat dalam memanfaatkan mudik gratis sepeda motor dengan kapal ini, tentunya sangat membantu dalam menghindari terjadinya kecelakaan di jalan raya. Selain itu dengan mudik naik kapal ini, mereka bisa  istirahat di dalam kapal, sehingga setelah sampai di Jakarta bisa melanjutkan perjalanan  ke rumah masing-masing," kata Capt. Wisnu.

Capt. Wisnu juga mengatakan seperti pada arus mudik kemarin, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan pada tahun 2019 juga telah memberangkatkan peserta arus balik mudik gratis sepeda motor dengan kapal sebanyak 3 kali voyage yaitu pada tanggal 8, 10, dan 12 Juni 2019.

“Alhamdulillah hingga hari ini, pendaftar arus balik mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut sudah mencapai lebih dari 76 persen. KM Dobonsolo akan diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada tanggal 10 dan 12 Juni 2019 setiap pukul 16.00 WIB dan diperkirakan akan tiba di Jakarta pada pukul 06.00 WIB di keesokan harinya," jelas Capt. Wisnu.

Sebelumnya, mudik gratis sepeda motor dengan kapal dari Jakarta ke Semarang telah dilaksanakan pada tanggal 30 Mei, tanggal 1 Juni, dan 3 Juni 2019. Tingkat keterisian kapalnya mencapai 86%.

Menurut Capt. Wisnu program mudik gratis sepeda motor dengan kapal ini merupakan salah satu dukungan Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk mewujudkan slogan mudik lebaran tahun 2019 ini, yaitu “Mudik Bareng, Asyik Lancar”. 

“Para pemudik sepeda motor dengan kapal laut ini tidak dikenakan biaya apapun serta bisa menikmati fasilitas lainnya seperti berobat secara gratis dan hiburan di atas kapal. Pemerintah berharap dengan memanfaatkan program mudik gratis sepeda motor dengan kapal ini, selain mengurangi angka kecelakaan, para pemudik juga dapat melakukan perjalanan dengan selamat, aman, dan nyaman,” tutup Capt. Wisnu.

 

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2