Kronologis Kerusuhan di Aksi 22 Mei, 9 Polisi Terluka

Kamis, 23/05/2019 17:07 WIB

Jakarta,Jurnas.com- Aksi ricuh yang terjadi pada Rabu (22/5/2019) malam di Bawaslu, menyebabkan sedikitnya 9 anggota Kepolisian mengalami luka-luka. Kadiv Humas Polri Irjen Pol M Iqbal mengatakan bahwa massa unjuk rasa semalam lebih banyak daripada tanggal 21 Mei.

“Kemarin 22 Mei massa unjuk rasa damai jauh lebih banyak (dari tanggal 21 Mei), 2 kali lipat, saya kira 6 ribu massa melakukan aksi damai menyampaikan pendapat di depan Bawaslu dengan tertib. Beberapa tokoh terlihat dan menyampaikan dengan baik, itu diatur dengan UU,” ungkap Irjen Iqbal dalam konferensi pers di Kantor Kemenko Polhukam, Jl Medan Merdeka Barat, Kamis (23/5/2019).

Massa aksi yang terjadi itu lalu kembali meminta kelonggaran waktu untuk bubar lebih dari pukul 18.00 WIB. Pihak kepolisian memberikan diskresi untuk buka dan salat magrib bersama, bahkan personel TNI dan Polri yang berjaga ikut sama-sama salat berjemaah.

“Tetapi tiba-tiba dari massa tersebut dan kelompok besar massa, sekira 300-an massa yang bisa kita kategorikan massa perusuh yang tiba-tiba melempar molotov, batu dan ada yang seperti roket dan memang sudah dipersiapkan oleh mereka,” terang Irjen Iqbal.

Kericuhan terjadi tak lama dari waktu buka puasa dimana ketika itu aparat belum siap siaga.

“Bahkan petugas kami belum mempersiapkan dengan alat-alat dalmas (pengendalian massa). Karena itu banyak petugas, lumayan, hampir 9 terluka akibat perusuh. Tidak sampai di situ saja, massa tersebut dihalau, bukan malah mereda semakin brutal,” jelas Irjen Iqbal.

Saat kericuhan terjadi massa bukan hanya melempari aparat dengan botol, batu dan petasan, tetapi juga melemparkan tombak ke arah aparat. Polri menduga alat-alat yang didapatkan massa kericuhan sudah dipersiapkan oleh massa yang menyusup di aksi damai tersebut.

“Benda-benda lain dilempar. Ada yang berupa tombak dan sebagainya. Menurut petugas dari beberapa massa yang diamankan, alat tersebut sudah dipersiapkan,” pungkas Irjen Iqbal.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2