Kekurangan Vitamin D Bikin Tubuh Rentan Terkena Penyakit

Minggu, 14/04/2019 10:01 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Para peneliti di Universitas Edinburgh menyebutkan, vitamin D dapat "secara dramatis" mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan dapat membuat orang kurang rentan terhadap penyakit seperti multiple sclerosis.

Dilansir RTE, para peneliti itu mengatakan studi mereka telah menjelaskan bagaimana kekurangan vitamin D dapat mempengaruhi risiko penyakit autoimun.

Tubuh memproduksi vitamin D sebagai respon terhadap sinar matahari dan para ilmuwan menyelidiki bagaimana hal itu memengaruhi suatu mekanisme dalam sistem kekebalan - kemampuan sel dendritik untuk mengaktifkan sel T.

Pada orang sehat, sel T memainkan peran penting dalam membantu memerangi infeksi, tetapi pada orang dengan penyakit autoimun, sel T dapat mulai menyerang jaringan tubuh sendiri.

Dengan mempelajari sel-sel dari tikus dan manusia, para peneliti menemukan vitamin D menyebabkan sel-sel dendritik menghasilkan lebih banyak molekul yang disebut CD31 di permukaannya, dan ini menghambat aktivasi sel T.

CD31 terlihat untuk mencegah dua jenis sel dari membuat kontak yang stabil - bagian penting dari proses aktivasi - dan reaksi kekebalan yang dihasilkan jauh berkurang.

Profesor Richard Mellanby, dari Pusat Penelitian Inflamasi Universitas Edinburgh, mengatakan: "Status rendah vitamin D telah lama terlibat sebagai faktor risiko yang signifikan untuk pengembangan beberapa penyakit autoimun.

"Studi kami mengungkapkan satu cara di mana metabolit vitamin D dapat secara dramatis mempengaruhi sistem kekebalan tubuh."

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2