Seluruh PTNBH Ditarget Masuk 500 Besar Dunia

Selasa, 19/02/2019 10:30 WIB

Jakarta, Jurnas.com – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) menargetkan seluruh perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTNBH) di Indonesia masuk rangking 500 besar dunia.

Dan untuk mencapai target tersebut, pemerintah sudah menyiapkan menyiapkan kebijakan anggaran, kebijakan riset dna inovasi, serta peningkatan kualitas dan kuantitas doktor dan guru besar.

“Kami coba membuat skema tiga perguruan yang masuk 300 besar ini kita masuk 200 besar. Yang lainnya kira-kira bisa masuk 200-300 berapa, kita petakan. Yang masuk 400 sampai 500 berapa,” ujar Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir pada Selasa (19/2) di Jakarta.

Saat ini jumlah PTNBH yang masuk dalam rangking 500 dunia baru tiga PTNBH, yakni Universitas Indonesia (rangking 292), Institut Teknologi Bandung (rangking 359), dan Universitas Gadjah Mada (rangking 391).

Selanjutnya, bagi PTNBH yang belum masuk 500 besar dunia, pemerintah memberikan keleluasaan anggaran agar dapat dialokasikan untuk meningkatkan kompetensi dosen melalui penelitian, publikasi ilmiah, dan hilirisasi inovasi.

Kemenristekdikti juga mendorong sebelas PTNBH untuk tidak menghambat dan mendukung dosen muda untuk menjadi doktor dan guru besar (profesor) agar jumlah doktor dan profesor meningkat. Dengan peningkatan tersebut, diharapkan kompetensi PTNBH meningkat.

“Idealnya yang namanya dosen itu guru besar, tapi jumlahnya terbatas. Paling tidak doktornya 80 persen. Apakah PTNBH sudah 80 persen? Belum, masih ada yang S2. Kalau sudah 100 doktor itu bagus. Guru besarnya paling tidak 50 persen,” ungkap Menteri Nasir.

Seperti diketahui, PTNBH berdasarkan urutan penetapannya mencakup Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Airlangga, Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Hasanuddin (Unhas), serta Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih