Protes Perubahan Iklim, Puluhan Ribu Siswa Inggris Bolos Sekolah

Sabtu, 16/02/2019 09:50 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Puluhan ribu siswa Inggris bolos sekolah untuk menuntut tindakan pemerintah untuk menghentikan perubahan iklim, Jumat (15/02) waktu setempat.

Antara 10.000 dan 15.000 siswa berdemonstrasi di lebih dari 60 kota dan kota besar di seluruh negeri untuk protes yang diselenggarakan oleh Youth Strike 4 Climate. Mereka meminta pemerintah Inggris untuk mengumumkan keadaan darurat terkait perubahan iklim.

"Ini merupakan cara untuk membuktikan bahwa anak muda tidak apatis, kami bersemangat, pandai berbicara dan kami siap untuk terus menunjukkan perlunya tindakan iklim yang mendesak dan radikal," kata aktivis 17 tahun Anna Taylor dilansir UPI.

Banyak anak di bawah umur menghadapi ancaman penahanan di sekolah karena mengambil ketidakhadiran tanpa alasan.

Di London, sekitar 3.000 orang berunjuk rasa, menghalangi jalan di luar Parlemen dan memegang spanduk. Mereka meneriakkan "matikan mesinmu" dan "kami ingin kesempatan untuk berubah sekarang."

Polisi London menangkap seorang pria berusia 19 tahun dan seorang gadis berusia 17 tahun karena menghalangi jalan raya, dan seorang anak laki-laki berusia 17 tahun karena gangguan publik.

"Ini masa depan kita dan ini membuat perbedaan. Pemerintah harus mendengarkan. Saya merasa sangat kuat berada di sini," kata Matt Sourby,18.

Selain menyerukan darurat iklim yang dinyatakan oleh Parlemen, para siswa mengatakan pemerintah harus transparan tentang keseriusan perubahan iklim, menurunkan usia pemilih menjadi 16 sehingga pemuda dapat terlibat dalam pengambilan keputusan dan memerlukan informasi lebih lanjut tentang topik dalam kurikulum nasional.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Komisi I DPR: Pemerintah Perlu Dialog Multilateral Redam Konflik di Timur Tengah Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios