AS Pahami Kekhawatiran Turki Soal Jurnalis Khashoggi

Minggu, 13/01/2019 19:11 WIB

Riyadh - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo mengatakan Washington memahami kekhwatiran Turki dan upayanya untuk melindungi perbatasan dan rakyatnya. Presiden AS Donald Trump menolak untuk membatasi hubungan dengan Arab Saudi untuk masalah tersebut.

Dalam sebuah wawancara dengan televisi sponsor Saudi Al Arabiya, Pompeo mengatakan AS juga meminta pertanggungjawaban bagi mereka yang terlibat dalam pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi, yang terbunuh di dalam Konsulat Saudi di Istanbul pada Oktober.

Khashoggi memasuki Konsulat Saudi di Istanbul guna memenuhi dokumen untuk menikahi tunangannya asal Turki, Hatice Cengiz.

Hingga kini, tubuhnya belum ditemukan di tengah laporan adanya upaya mutilasi dan penghancuran tubuh dengan zat kimia.

Riyadh telah mendakwa 11 orang atas pembunuhan Khashoggi dan sedang mencari lima tersangka dan akan menjatuhi hukuman mati.

Tetapi para kritikus menilai dakwaan itu hanya untuk melindungi Putra Mahkota Mohammed bin Salman setelah gelombang protes internasional. (AA)

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2