Tak Tahu Untung, Iran Panggil Utusan Polandia

Minggu, 13/01/2019 19:52 WIB

Tehran - Kementerian luar negeri Iran  memanggil utusan Polandia ke Negeri Para Mullah setelah mengumumkan bahwa Warsawa akan menjadi tuan rumah pertemuan puncak yang bahas Iran pada Februari.

Kantor berita resmi IRNA Iran mengatakan, Tehran menyampaikan ketidaksenangannya kepada Chargé d`Affaires Polandia, Wojciech Unolt, atas kesiapannya menjadi tuan rumah bersama konferensi 13 Februari.

Seorang pejabat yang tidak disebutkan namanya memperingatkan, Teheran akan melakukan tindakan balasan yang tidak disebutkan secara spesifik jika pemerintah Polandia tidak mengambil tindakan kompensasi yang mendesak.

Pada Jumat (11/1), Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo, mengatakan kepada Fox News, pertemuan di Polandia akan fokus stabilitas dan perdamaian, kebebasan dan keamanan Timur Tengah  memastikan Iran tidak melakukan  destabilisasi.

Sebagai tanggapan, Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif, lewat akun Twitternya  memperingatkan negara yang berencana menghadiri konferensi tersebut.

"Sekedar mengingatkan, untuk menjadi tuan rumah/peserta konferensi anti-Iran: mereka yang menghadiri acara anti-Iran terakhir AS sudah mati, tercela atau terpinggirkan. Dan Iran lebih kuat dari sebelumnya," tulis Zarif.

tur Pompeo ke Timur Tengah minggu ini untuk mendulang dukungan bagi kebijakan Presiden Donald Trump di wilayah tersebut dan mencakup berbagai masalah, termasuk penarikan pasukan AS dari Suriah, blokade Qatar yang dipimpin Saudi dan pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Dalam pidatonya pada Kamis (10/1) di ibukota Mesir, Kairo, Pompeo bersumpah untuk mengusir setiap boot Iran terakhir dari Suriah dan mendesak saingan regional untuk bersama-sama menghadapi Tehran. (Al Jazeera)

TERKINI
Aktor Rio Reifan Ditangkap Kelima Kalinya di Kasus Narkoba CERI Laporkan Aspidum Kejati Jawa Timur ke Jaksa Agung Atas Dugaan Ini Gelora Cap PKS sebagai Pengadu Domba: Tolak Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa