PBB Pantau Dakwaan Pembunuh Khashoggi di Arab Saudi

Sabtu, 05/01/2019 14:21 WIB

Ankara - Juru bicara Komisi Tinggi Hak Asasi Perserikatan Bangsa-Bangsa Ravina Shamdasani mengatakan kepada wartawan, PBB memantau proses tuntutan perkara di Arab Saudi terkait kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Dilansir dari Anadolu, sejak awal insiden pembunuhan Khashoggi, PBB menekankan unsur keadilan dalam proses penyelidikan kasus tersebut, ungkap Shamdasani.

Shamdasani mengaku pihaknya mengikuti proses sidang dakwaan kasus pembunuhan Khashoggi yang berlangsung di Arab Saudi. Dia mengatakan proses pengadilan dakwaan itu tak memuaskan.

Oleh karena itu, Shamsadani menyerukan kepada aktor internasional untuk melakukan penyelidikan independen terkait kasus tersebut.

Meski begitu, kata Shamsadani, dalam kondisi apapun PBB menentang pengajuan Jaksa Penuntut Umum Saudi pemberian hukuman eksekusi mati terhadap lima orang yang terlibat dalam pembunuhan Khashoggi.

Di sisi lain, Shamsadan mengatakan pihaknya memantau proses pengadilan pada Kamis kemarin dan akan terus membicarakan kasus tersebut dengan pihak berwenang Saudi.

Kolumnis The Washington Post Khashoggi hilang setelah mengunjungi Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober lalu.

Setelah sejumlah penjelasan yang bertentangan satu sama lain, Riyadh mengakui bahwa Khashoggi terbunuh di dalam gedung diplomatik itu. Riyadh menyatakan kejadian itu sebagai operasi yang gagal.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2