Swedia Tuan Rumah Perundingan Damai Yaman-Houthi

Kamis, 06/12/2018 10:32 WIB

Sana`a - Perundingan damai antara pemerintah Yaman dan kelompok Houthi, guna mengakhiri perang empat tahun terakhir, akan berlangsung pada Jumat (7/12) besok di Rimbo, Swedia.

Pembicaraan akan ditengahi PBB, dengan pemerintah Yaman yang didukung Arab Saudi, dan Houthi yang melekat dengan Iran.

Dilansir dari AFP, perundingan damai besok menjadi yang pertama kali sejak 2016, pasca negosiasi sebelumnya berujung gagal, dan mengakibatkan setidaknya 10.000 jiwa.

Seorang sumber PBB mengatakan, lembaga itu bertujuan untuk "membangun kepercayaan" antara kedua belah pihak.

Konflik dinilai telah memicu krisis kemanusiaan terburuk di dunia, di mana anak-anak sekarat karena kelaparan, penyakit dan perang, direkrut sebagai tentara atau ditukar sebagai pengantin anak-anak setiap hari.

Sementara sumber yang dekat dengan Houthi menyebut permintaan dari pihak Houthi ialah pembukaan kembali Bandara Internasional Sanaa, yang sebelumnya rusak oleh serangan udara pimpinan Saudi, lalu ditutup oleh Riyadh dan sekutu-sekutunya, yang mengontrol wilayah udara Yaman.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2