Perang AS-China, Uni Eropa Kantongi "Kartu" Khusus

Minggu, 08/07/2018 10:01 WIB

Brussels – Uni Eropa memiliki `kartu khusus` dalam menyikapi perang dagang Amerika Serikat dan China, yang sedang memanas akhir-akhir ini. Demikian penuturan Direktur Bank Dunia Christine Legarde pada Minggu (8/7).

“Dalam unjuk kekuatan yang terjadi, antara AS di satu sisi dan China di sisi lain, yang mewakili dua negara kapitalis yang sangat berbeda, Eropa dapat memainkan kartu yang sangat khusus,” ujar Legarde, dalam sebuah forum ekonomi di Prancis bagian selatan.

Menurut Legarde, Uni Eropa memiliki posisi yang strategis di tengah persaingan AS dan China. UE juga memiliki kekuatan untuk mengimbangi kekuatan komersial Washington dan Beijing, dengan tidak terpengaruh ke salah satu kubu.

“Orang-orang Eropa adalah kekuatan. Ketika mereka bersatu, mereka punya suara sejati yang dapat diperhitungkan,” katanya.

Legarde menambahkan, “Uni Eropa juga dapat menjadi sumber inspirasi banyak negara di dunia dalam hal ini.”

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih