Benarkah Kacang Merah Dapat Turunkan Berat Badan?

Jum'at, 04/01/2019 23:32 WIB

Jakarta - Kacang merah merupakan sumber folat, serat, mangan, magnesium, tembaga, kalium, fosfor, dan zat besi yang baik. Kacang merah diyakini dapat membantu menurunkan berat badan. Menurut North Dakota State University Extension, makan kacang merah akan membantu mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

Menurut sebuah studi, wanita yang mengkonsumsi lebih banyak serat cenderung kurang berat daripada mereka yang mengkonsumsi lebih sedikit serat. Itu karena makanan kaya serat memiliki kepadatan energi yang rendah, sehingga mereka mengisi perut Anda tanpa menyediakan banyak kalori.

Kacang merah mengandung serat larut yang memperlambat pengosongan perut Anda, sehingga Anda merasa lebih kenyang lebih lama. Juga menyediakan 16,5 gram atau 66 persen dari nilai harian serat dalam setiap cangkir.

Kacang merah juga merupakan sumber protein yang sangat baik, dengan 16,2 gram per cangkir. Protein lebih mengenyangkan dibandingkan dengan lemak dan karbohidrat karena mereka meningkatkan kenyang Anda.

Makan kacang merah akan membantu Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori sepanjang hari, membantu meningkatkan peluang menurunkan berat badan.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam `Journal of American College of Nutrition`, orang-orang yang mengkonsumsi kacang merah kurang cenderung menjadi gemuk dan lebih mungkin memiliki pinggang yang lebih kecil dan berat badan yang lebih rendah.

Studi lain yang dicatat menemukan bahwa orang yang makan empat porsi kacang per minggu sebagai bagian dari diet rendah kalori kehilangan berat badan yang signifikan dan telah mengurangi tingkat peradangan, tekanan darah, dan kolesterol dibandingkan dengan orang-orang yang tidak memasukkan kacang dalam makanan mereka.

Jika Anda sedang diet penurunan berat badan, gantilah nasi putih dengan beras merah karena akan memberi tubuh Anda lebih banyak niacin (vitamin B3) dan lebih sedikit lemak.

Selain itu, kombinasi makanan ini akan memberi Anda 40 hingga 50 persen kebutuhan serat makanan harian Anda. Ini akan mengurangi konstipasi, menjaga usus halus, dan menurunkan kadar kolesterol darah Anda.

Efek Samping Kacang Merah
1. Keracunan Hemagglutinin
Kacang merah memiliki hemagglutinin. Ini merupakan antibodi yang dapat menyebabkan sel darah merah menggumpal. Jadi, terlalu banyak dari antibodi ini dapat menyebabkan mual, diare, muntah, dan sakit perut. Nah, bagian terbaiknya adalah bahaya ini berkurang saat Anda memasak kacang.

2. Risiko Kanker
Jumlah folat yang berlebihan telah dikaitkan dengan kanker dan penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi 800 mcg folat per hari menunjukkan peningkatan risiko kanker.

3. Kerusakan Organ Dan Masalah Pencernaan
Karena kacang merah tinggi zat besi, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan kerusakan jantung dan otak. Juga, kelebihan asupan kacang ini dapat menyebabkan gas, usus tersumbat, dan diare.

TERKINI
Anak Buah Arne Slot Bakal Menyusul Gabung Liverpool Unggah Foto Dirinya Menangis, Instagram Justin Bieber Diserbu Penggemar Mitsubishi Fuso Dukung Jambore Canter Mania di Jambi Gara-gara Masalah Pita Suara, Jon Bon Jovi Anggap Shania Twain Adiknya