39.000 Pengungsi Suriah Rayakan Idul Fitri di Kampung Halaman

Kamis, 14/06/2018 14:13 WIB

Suriah - Ribuan pengungsi Suriah mudik  ke negara asal mereka untuk merayakan Ramadan setelah tentara Turki membebaskan teroris di dekat perbatasan negara itu.

Hampir 39.000 warga Suriah kembali ke rumahnya masing-masing, termasuk Azaz, Afrin, Jarabulus, dan al-Bab, diamankan oleh Operasi militer Euphrates Shield dan Olive Branch, menurut seorang pejabat di kantor migrasi di Turki.

Sebanyak 76.000 warga Suriah mengajukan permohonan secara online kepada pihak berwenang Turki untuk menghabiskan liburan Idul Fitri di Suriah, menurut pejabat yang berbicara dengan syarat anonimitas karena pembatasan berbicara dengan media.

Muslim di seluruh dunia merayakan Idul Fitri, perayaan tiga hari setelah melaksanakan puasa selama Ramadan. Suriah akan kembali ke Turki dari 26 Juni hingga 6 Juli.

Berbicara kepada Anadolu Agency di Gerbang Perbatasan Öncüpınar, seorang warga Suriah, Saddam Haco mengatakan, ia sudah kembali ke Suriah untuk kedua kalinya sejak perang sipil.

Haco mengatakan, sangat ingin bertemu orang tuanya lagi setelah tiga tahun. Ia memuji negara Turki dan tentara untuk membersihkan teroris dari wilayah Suriah: "Kami sekarang dapat dengan mudah pergi ke rumah kami."

Di zona penyangga di Öncüpınar Border Gate di provinsi perbatasan Turki, Kilis, pejabat dari agen migrasi Turki serta gendarme dan tim polisi membantu warga Suriah.

Para pejabat kesehatan Turki memvaksinasi anak-anak Suriah berusia 0-15 dan beberapa organisasi bantuan mendistribusikan air kemasan.

Operasi Euphrates Shield, yang dimulai pada Agustus 2016 dan berakhir pada Maret 2017, bertujuan untuk menghilangkan ancaman teroris di sepanjang perbatasan Turki dengan upaya Tentara Suriah Gratis, yang didukung oleh artileri Turki dan penutup udara.

Pada 20 Januari, Turki meluncurkan Operasi Olive Branch untuk menghapus Unit Perlindungan Rakyat (YPG) dan teroris Daesh yang terkait PKK dari kawasan Afrin Suriah barat laut.

Pada 18 Maret, Hari 58 operasi, pasukan Turki dan anggota Tentara Pembebasan Suriah membebaskan kota Afrin sementara juga menetralkan 4.497 teroris. (Daily Sabah)

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2