Jenahara Nasution Jalani Puasa dengan Persiapan Khusus

Jum'at, 18/05/2018 23:12 WIB

Jakarta - Di tengah kesibukan, Jenahara Nasution, seorang fashion muslim designer mengaku menyiapkan secara khusus datangnya bulan Ramadan, terutama berkaitan dengan kesehatan.

Selain karena berkaitan dengan masalah bisnis, undangan buka puasa bersama seperti tak putus berdatangan. Hal tersebut diakuinya mengacaukan rutinitas sehatnya.

“Yang biasanya olahraga menjadi malas, pola makan sudah pasti berantakan. Yang namanya makanan bersantan, gorengan, takjil manis itu tak terhidarkan. Awalnya cuma ingin nyicip, tapi akhirnya kebablasan, hahaha,” seloroh ibu tiga anak ini usai ditemui di bilangan Senopati beberapa waktu lalu.

Karena tidak menjaga menu sahur dan buka puasa dengan benar, Jehan merasakan badannya tidak bugar saat berpuasa. Mulai dari perasaan lemas, hingga serangan pusing dan begah.

Keadaan itu, kerap membuatnya merasa berat untuk lanjut puasa, ibadah menjadi tidak khidmat. “Belum lagi penyakit maag saya pun ikutan kambuh,” tambahnya.

Sebelumnya ia tidak mengetahui jika gorengan atau makanan berminyak justru memancing produksi asam lambung berlebih, ini menambah faktor risiko kekambuhan maag

Demikian juga dengan minuman berkafein atau soda jika diminum sebelum perut terisi makanan. Atau, sayuran seperti ubi, sawi dan kol juga tidak disarankan dikonsumsi saat sahur; meningkatkan produksi asam lambung

Berikut tiga tips puasa dari Jenahara:

1. Coba minum air kelapa ijo untuk buka puasa untuk meningkatkan elektrolit tubuh.

2. Cairan diperbanyak baik saat sahur dan perbuka

3. Tidak berbuka langsung dengan makanan yang berat, bisa pakai buah atau kurma.

TERKINI
Aktor Rio Reifan Ditangkap Kelima Kalinya di Kasus Narkoba CERI Laporkan Aspidum Kejati Jawa Timur ke Jaksa Agung Atas Dugaan Ini Gelora Cap PKS sebagai Pengadu Domba: Tolak Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa