Lirik Lagu Iwan Fals Ingatkan Rakyat Waspadai Kapitalisme

Kamis, 19/04/2018 20:25 WIB

Jawa Timur - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Mahyudin mengatakan Indonesia masih dihadapkan berbagai persoalan, di antaranya, bangsa ini memasuki tantangan global. Pengaruh globalisasi yang semakin luas dengan persaingannya yang semakin tajam.

Namun di tengah-tengah itu, kata Mahyudin, bangsa ini masih terlena menjadi bangsa yang konsumtif dan hanya mengandalkan sumber daya alam yang melimpah.

"Saat ini lebih parah lagi, pengaruh media sosial menimbulkan dampak negatif. Rakyat saling melancarkan hasutan dan fitnah di dunia maya. Etika dan kesantunan seperti tidak ada tempatnya lagi," kata Mahyudin saat Sosialisasi Empat Pilar MPR ke berbagai elemen masyarakat se-Jawa Timur, Kamis (19/4).

Potret keadaan itu kata Mahyudin, tergambar pada lirik lagu Iwan Fals yang berjudul Mimpi Yang Terbeli, liriknya, `Segala produksi ada di sini menggoda kita tuk memiliki, hari-hari kita berisi hasutan, hingga kita tak tau diri sendiri`.

"Lihat kapitalisasi masuk ke Indonesia tanpa bisa kita bendung. Kita bisa lihat semua produk hampir semua dimiliki asing," katanya.

Diutarakan Mahyudin, Indonesia yang memiliki penduduk yang besar sekitar 260 juta lebih adalah potensi pasar yang sangat besar dan Indonesia punya kemampuan untuk membeli, karena Indonesia punya sumber daya alam yang melimpah.

"Inilah kita secara tidak sadar masuk ke dalam pusaran penjajahan ekonomi yang membuat kita terus menerus menjadi masyarakat konsumtif yang terus menggerus sumber daya alam kita sendiri," ungkapnya.

Mahyudin mengatakan, semestinya dengan sumber daya alam yang sedemikian besar, Indonesia bisa memenuhi kebutuhannya sendiri bahkan memenuhi pasar global dengan mengelola sumber daya alamnya menjadi produksi jadi bukan hanya menjual bahan mentah hasil alam yang lama kelamaan akan habis.

"Maka dari itu mumpung sedang dalam tahun politik pilkada dan nanti pileg serta pilpres, saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memilih kepala daerah, wakil rakyat bahkan pemimpin nasional yang mengedapankan sektor industri agar, industri di Indonesia bergairah dan mampu disejajarkan dengan negara-negara industri lainnya," tandasnya.

 

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2