Ketua MPR: Belajar Kesederhanaan dari KH Agus Salim

Sabtu, 17/03/2018 03:47 WIB

Jakarta -  "Kalau ingin belajar kesederhanaan, belajarlah dari KH Agus Salim," demikian kata Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan saat memberikan Opening Speech Gala Premiere Film Moonrise Over Egypt di Epicentrum XXI, Jumat (16/3).

Bagi pria yang akrap disapa bang Zul, KH Agus Salim adalah sosok yang familiar. Buya Hamka dan KH Agus Salim adalah 2 tokoh yang sering diceritakan ayahnya sejak masa kecil di Lampung Selatan.

"Menguasai lebih 10 bahasa, pandai berdiplomasi, disegani lawan bicara, tapi sederhana dan tetap rendah hati. Itulah beliau KH Agus Salim," katanya.

Film "Moonrise Over Egypt" menceritakan perjuangan diplomasi KH Agus Salim bersama Abdurrachman Baswedan, Mohammad Rasjidi dan Nazir Datuk Sutan Pamuntjak mendapatkan pengakuan internasional atas kemerdekaan Indonesia.

Keteladanan lainnya dari KH Agus Salim adalah prinsip hidupnya yang terkenal Leiden is Liijden, memimpin adalah jalan menderita.

"Prinsip Memimpin adalah jalan menderita ini relevan dengan kondisi sekarang ketika memimpin justru dijadikan jalan singkat untuk mengumpulkan harta," ujarnya.

Namun, bagi Mantan Menteri Kehutanan ini, film "Moonrise Over Egypt" ini menceritakan bagaimana perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia dilakukan oleh orang orang terdidik dan terpelajar.

"Bayangkan di bangsa yang baru merdeka sudah muncul intelektual sekelas KH Agus Salim yang kemampuan diplomasinya diakui dunia. Begitu juga Bung Karno, Bung Hatta yang meletakkan nilai-nilai awal perjuangan diplomasi," ungkapnya.

Turut adir bersama Ketua MPR Zulkifli Hasan, Gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI) Anies Baswedan, Produser Eksekutif Amir Sambodo dan aktor aktris pemeran film "Moonrise Over Egypt ini".

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2