Tumor Otak Terbesar di Dunia Akhirnya Berhasil Diangkat

Jum'at, 23/02/2018 11:54 WIB

Delhi - Ahli bedah di Mumbai, India akhirnya berhasil mengangkat tumor otak seberat 1,8 kilogram dari kepala seorang pria berusia 31 tahun. Tumor itu dianggap sebagai tumor terbesar di dunia yang pernah didokumentasikan.

Mencapai ukuran yang lebih besar dari kepala pasien, tumor yang diderita oleh Santlal Pal tumbuh di ruang antara tengkorak dan kulit kepalanya. Akibatnya tim dokter sempat kesulitan memisahkan tumor dari otak, tulang, dan pembuluh darah pria yang bekerja sebagai wiraswasta tersebut.

Dilansir dari Ifl Science, tumor otak Pal berkembang cepat dalam 12 bulan terakhir. Tekanan yang dihasilkan oleh tumor, membuatnya kehilangan penglihatan. Pal beruntung, jika saja dia terlambat memeriksakan tumor itu, Pal kemungkinan besar akan lumpuh, dan mengalami kerusakan otak.

Setelah menjalani operasi selama enam jam, tumor di kepala Pal sudah berhasil diangkat. Namun hingga saat ini dokter belum bisa memastikan apakah Pal akan memperoleh penglihatannya kembali.

"Sekarang masih masa pemulihan, tapi tidak berbahaya lagi," kata Dr Nadkarni.

"Kami telah memeriksa semua teks medis, dan tak ada tumor sebesar ini," jelasnya.

Sampai sekarang, para dokter profesional belum mengetahui tumor jenis apa yang merambat di kepala Pal. Sampe tumor sudah dikirim ke laboratorium untuk mengetahui apakah kanker tersebut bersifat ganas atau jinak.

TERKINI
Genjot Penjualan di China, Toyota Gandeng Tencent Toyota Kenalkan Dua Varian Mobil Listrik untuk Pasar China Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore