Jangan Salah, Ini Guna "HTTPS" di Browser Kamu

Jum'at, 16/02/2018 12:24 WIB

Jakarta - Pernahkah kamu bertanya-tanya apa arti `HTTPS` yang terdapat di peramban web (https://www.jurnas.com/tags/browser/" style="text-decoration:none;color:red;">browser, Red)? Nah mungkin tanpa kamu sadari, HTTPS ternyata penting untuk keamanan berselancar di dunia maya.

Sebelum mengenal `HTTPS`, kamu harus tahu arti `HTTP`. HTTP merupakan kependekan dari Hypertext Transfer Protocol. Berkat HTTP, kamu bisa menyaksikan berbagai macam hal di layar gadget.

HTTP memungkinkan pengguna terhubung pada World Wide Web atau WWW. Namun sayangnya, HTTP tidak bisa mencegah penjahat dunia maya mencuri data pengguna, termasuk surat elektronik (surel) dan kata sandi, melalui aplikasi tertentu.

Demi kepentingan keamanan inilah, HTTPS kini menjadi standar website. Https adalah versi aman dari HTTP. Bahkan perusahaan sebesar Google mengumumkan bahwa situs apapun yang menggunakan HTTP, dianggap sebagai situs yang tidak aman.

"Google akan menolak situs HTTP dengan kunci hijau, dan secara eksplisit memberi label tidak aman, mulai Juli mendatang," demikian tertulis di Popular Science.

Bagaimana cara kerja HTTPS?

HTTPS mengenkripsi data yang keluar masuk peramban web kamu. Gunanya, pihak ketiga, termasuk para peretas tidak bisa mengetahui isi informasi saat terjadi pertukaran data antara https://www.jurnas.com/tags/browser/" style="text-decoration:none;color:red;">browser dengan server web. Jadi, bisa dikatakan ini keamanan privasi tingkat dasar antara data kamu dengan dunia luar.

 

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2