Tak Usah Takut Menjomblo, Ini Keuntungannya

Selasa, 17/04/2018 02:03 WIB

Jakarta - Hidup itu pilihan. Dan, apapun pilihan yang kamu tentukan saat ini, pasti ada alasan khusus. Termasuk memutuskan untuk single alias jomblo.

Harus diakui, tak semua para jomblo enggan menjalin hubungan karena belum laku. Banyak di antaranya yang beralasan fokus pada karir, trauma masa lalu, hingga menjaga diri sampai sah di pelaminan.

Di bawah ini ada tiga keuntungan yang hanya bisa diperoleh mereka yang sedang jomblo. Apa saja?

1. Hubungan sosial yang lebih kuat

Pada 2015, sebuah survey yang dilakukan oleh ilmuwan sosial Natalia Sakisian dan Naomi Gerstel mengeksplorasi bagaimana hubungan kepada saudara, tetangga, dan teman antara orang yang sudah menikah dengan mereka yang jomblo.

Hasilnya para single memiliki banyak waktu untuk teman dan saudara mereka. Bahkan lebih sering memberikan bantuan kepada teman atau rekan yang membutuhkan.

Dilansir dari IFL Science, menjaga persahabatan adalah kunci meraih kebahagiaan. Dalam Jurnal British Medical 2008, orang yang memiliki komunikasi secara teratur dengan 10 orang atau lebih, ternyata lebih bahagia ketimbang mereka yang tidak melakukan hal itu.

2. Tubuh lebih bugar

Jomblo punya banyak waktu untuk melakukan aktivitas apapun, termasuk berolahraga. Inilah alasan mengapa dalam survey yang ditulis di Jurnal Social Science and Medicine menyebut, dari 4.500 orang di sembilan negara Eropa, orang lajang memiliki massa tubuh yang lebih ringan, ketimbang mereka yang sudah berpasangan.

3. Memacu kreativitas

Para jomblo berpotensi meningkatkan kualitas dan kreativitas mereka, tanpa diganggu oleh kewajiban menghubungi pacar. Beberapa penelitian juga menyebut, kesendirian dan kebebasan dapat membantu seseorang lebih produktif.

TERKINI
Narkoba, Selebgram Chandrika Chika Cs Dikirim ke Lido untuk Rehabilitasi 50 Musisi Akan Ramaikan Jakarta Street Jazz Festival 2024, Ada Tompi sampai Andien Rusia Serang Jalur Kereta Api Ukraina untuk Ganggu Pasokan Senjata AS Rilis 11 Album, Musik Taylor Swift Dikritik Vokalis Pet Shop Boys Mengecewakan