3 Film India Paling Banyak Dibajak Sepanjang Masa

Minggu, 04/02/2018 09:21 WIB

Jakarta - Sekalipun internet mempermudah akses manusia zaman `now`, namun ternyata masih kerap disalahgunakan. Termasuk salah satunya ialah pembajakan digital.

Pembajakan digital seperti tak mengenal tempat. Padahal sudah ada undang-undang khusus yang mengatur tentang hak cipta, dan pidana bagi mereka yang tersangkut kasus pembajakan digital.

Nah, di bawah ini ada beberapa film India yang dianggap sebagai film terlaris, tapi sekaligus terbanyak juga dibajak. Apa saja?

1. Raees (2017)

Film bergenre thriller action ini diperankan oleh Shah Rukh Khan. Raees menjadi film terbanyak dibajak tahun lalu. Berita tentang pembajakan itu dikonfirmasi oleh sutradara film tersebut, Rahul Dholakia melalui tweetnya. Raees dibagikan 61 ribu kali di internet. Meski berpenghasilan 137 crore rupee atau Rp287 miliar, namun Raees diprediksi mengalami kerugian hingga Rp146 miliar.

2. Sultan (2016)

Sultan adalah film bertemakan drama olahraga yang dilakoni oleh Salman Khan. Di bioskop, Sultan sukses mengantongi pendapatan sebesar 300 crore rupee atau Rp629 miliar. Namun sayang filmnya dibajak dan dibagikan di YouTube dan DVD secara ilegal.

3. Dilwale (2015)

Tampaknya film yang dibintangi Shah Rukh Khan menjadi langganan para pelaku pembajakan. Layaknya film Raees, film Dilwale yang dimainkan oleh Shah Rukh Khan pada 2015 silam juga mengalami pembajakan. Padahal pendapatan yang dikantongi bisa saja dua kali lipat bila tak dibajak.

TERKINI
Narkoba, Selebgram Chandrika Chika Cs Dikirim ke Lido untuk Rehabilitasi 50 Musisi Akan Ramaikan Jakarta Street Jazz Festival 2024, Ada Tompi sampai Andien Rusia Serang Jalur Kereta Api Ukraina untuk Ganggu Pasokan Senjata AS Rilis 11 Album, Musik Taylor Swift Dikritik Vokalis Pet Shop Boys Mengecewakan