Perangkat Apple Disusupi Bug Asing, Amankah?

Jum'at, 05/01/2018 12:34 WIB

Jakarta - Bug Meltdown dan Spectre tak hanya menyerang Inyel, AMD, dan ARM. Dalam sebuah keterangan resmi, Apple menyatakan bahwa seluruh perangkatnya juga terdampak oleh bug asing tersebut.

Sejak diketahui keberadaannya, berbagai perusahaan teknologi berlomba-lomba menyelesaikan bug Meltdown dan Spectre, yakni bug yang berpotensi memberikan informasi dan data sensitif kepada peretas. Meski Apple telah melakukan beberapa perbaikan, namun pengguna disarankan mengunduh perangkat lunak dari sumber terpercaya, demi menghindari aplikasi berbahaya, yang dapat memanfaatkan Meltdown dan Spectre.

"Semua sistem Mac dan perangkat iOS terpengaruh. Tapi saat ini tidak ada eksploitasi yang diketahui berdampak pada pelanggan," demikian pernyataan Apple dilansir dari BBC.

"Bug ini berlaku untuk semuya prosesor modern, dan memengaruhi hampir semua perangkat komputasi dan sistem operasi," terang Apple.

Dikutip dari Windowcentral, Meltdown dan Spectre rentan digunakan oleh peretas untuk mendapatkan rahasia pengguna, melalui aplikasi yang sedang berjalan. Dalam hal ini termasuk kata sandi, foto pribadi, surat elektronik, pesan instan, hingga dokumen penting.

TERKINI
Sinergi Kementan-Kodim 1910 Malinau Tingkatkan Produksi dengan Perluas Areal Tanam Baru Kejagung Bakal Sita Aset Sandra Dewi Jika Terima Uang Korupsi Timah KPK Nonaktifkan Dua Rutan Buntut Kasus Pungli KPK Sita Rp48,5 Miliar Terkait Suap Bupati Labuhanbatu