Pemindai Otak Portabel Tekan Biaya Perawatan Pasien

Selasa, 02/01/2018 11:07 WIB

Jakarta - Ilmuwan kini menemukan sebuah pemindai otak portabel yang dapat digunakan untuk mempercepat diagnosa terhadap cedera otak dan stroke, yakni dengan menampilkan citra otak secara langsung dalam bentuk tiga dimensi.

Perangkat canggih yang sedang dikembangkan oleh The University of Queensland dan EMvision MEdical Devices Pty Ltd ini ini diharapkan dapat menyelamatkan nyawa pasien, yakni dengan mengetahui secara cepat kerusakan otak, namun tetap dengan biaya perawatan yang relatif lebih rendah.

CEO EMvision John Keep mengatakan bahwa pemindai otak portabel berpotensi mengganggu pasar medis, sebab berbiaya rendah dan tidak ber-ion, serta aman digunakan berulang-ulang.

"Sebab didukung oleh algoritma inovatif yang memetakan jaringan otak dengan menggunakan microwave berdaya rendah, yang aman untuk menghasilkan gambar tiga dimensi dalam hitungan menit," ujar John dilansir dari situs resmi Universitas Queensland.

"Dalam kasus stroke, gambar tiga diensi akan memungkinkan para profesional medis mengidentifikasi kerusakan otak, pendarahan, maupun pembekuan darah. Sehingga diagnosa tidak perlu memakan banyak waktu," jelasnya.

John menyebut stroke sudah membunuh banyak orang di dunia, ketimbang AIDS, tuberkulosis, dan malaria. Perbedaan yang mencolok antara kematian, cacat tetap, dan pulih ialah soal diagnosa dan pengobatan tepat waktu.

 

TERKINI
Dasco Pastikan Daftar Kabinet Prabowo-Gibran yang Beredar Tidak Benar Dunia Alami Krisis Guru, Ini Saran PGRI ke Pemerintah Genjot Penjualan di China, Toyota Gandeng Tencent Toyota Kenalkan Dua Varian Mobil Listrik untuk Pasar China