Korsel Bakal Tambah Sistem Pertahanan Anti Rudal

Sabtu, 29/07/2017 10:37 WIB

Seoul - Presiden Korea Selatan Moon Jae In memerintahkan untuk mengadakan diskusi dengan Amerika Serikat, terkait penambahan sistem pertahanan anti rudal THAAD, setelah Korea Utara melakukan uji coba rudal balistik antar benua.

Moon juga menginginkan agar Dewan Keamanan PBB segera membahas sanksi baru yang lebih kuat terhadap Korea Utara, hal ini diungkapkan pihak kepresidenan setelah menghadiri pertemuan Dewan Keamanan Nasional.

Dua unit sistem anti rudal THAAD telah dikerahkan oleh militer Amerika Serikat di wilayah Korea Selatan, dan empat lainnya masih dalam tahap perencanaan, karena adanya kekhawatiran terkait dampak lingkungan dari pemasangan sistem anti rudal tersebut.

Pernyataan Moon ini dirilis beberapa jam setelah Korea Utara melakukan uji coba rudal balistik antar benuanya, yang diyakini dapat mencapai Los Angeles dan kota-kota di Amerika Serikat lainnya.

China selaku pihak penengah terkait konflik di semenanjung Korea menegaskan, agar Korut menhormati resolusi yang dikeluarkan oleh Dewan Keamanan PBB dan tidak melakukan tindakan-tindakan yang akan memperparah keadaan.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2