Leo Varadkar Jadi PM Gay Pertama Irlandia

Sabtu, 03/06/2017 08:16 WIB

Leo Varadkar terpilih sebgai perdana menteri baru Irlandia pada pemilihan Jumat (2/5) di Iralndia. Ia merupakan PM termuda dan pria gay pertama yang menduduki jabatan tersebut. Pria 38 tahun itu menggantikan Taoiseach Enda Kenny yang baru setelah terpilih sebagai pemimpin Fine Gael.

Varadkar mengakui bahwa dirinya adalah seorang gay dan ia tak malu akan status tersebut. Namun itu takkan menghalanginya untuk loyal terhadap amanah yang telah diberikan kepadanya sebagai PM Irlandia.

“Saya adalah seorang pria gay dan bukan rahasia lagi walaupun tidak semua orang mengetahui hal itu. Namun ini bukanlah sesuatu yang mendefinisikan diri saya,” ungkap Pria keturunan India. 

Dilansir Sky News, terpilihnya Leo sebagai PM Irlandia dinilai sebagai bukti transformasi sosial yang signifikan di Irlandia. Apalagi belum pernah dalam perjalanan sejarah negara tersebut, seorang gay menjadi Perdana Menteri, dan ini merupakan kali pertama dalam sejarah.    

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2