Dekan FMP Unhan Serukan Kerjasama ASEAN Hadapi Rudal Korut

Kamis, 01/06/2017 22:06 WIB

Jakarta - Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP) Universitas Pertahanan (Unhan) Laksda TNI DR Amarulla Octavian, ST, M.Sc, DESD menyampaikan pentingnya kerjasama kawasan menghadapi ancaman bersama (common threat). Menurutnya, Kerjasama ke-sepuluh negara anggota ASEAN menghadapi Rudal Korea Utara (Korut) dinilai sangat penting untuk menjaga stabilitas keamanan di kawasan Indo-Asia Pasifik. 

"Kerjasama ASEAN dapat menjadi tulang punggung keamanan bersama di kawasan Samudera Hindia dan Samudera Pasifik," ujar Amarulla saat memberikan pandangan akademik dalam Transnational Security Cooperation Course yang berlangsung di Asia Pacific Center for Security Studies di Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat, Kamis (1/6/2017).

Seperti diketahui, Kursus diikuti 32 peserta yang memiliki latar belakang militer dan sipil setara bintang dua ke atas dari 29 negara di Asia dan Pasifik selama 1 minggu mulai 21 hingga 26 Mei 2017. 

Sebagai penyelenggara kursus adalah Daniel K. Inouiye APCSS dan U.S. National War College menekankan para peserta kursus banyak berdiskusi berbagai topik terkait dengan isu-isu terkini keamanan kawasan dan berbagai kebijakan politik keamanan banyak negara. Utamanya, di semenanjung Korea, Laut Cina Timur dan Laut Cina Selatan.

Amarulla mengatakan hasil diskusi dalam kursus banyak dimanfaatkan untuk memberikan masukan negara masing-masing dalam menetapkan kebijakan pertahanan ke depan. 

"Bagi Unhan, hasil kursus tersebut juga dimanfaatkan untuk menjadi tema-tema sentral berbagai penelitian di pusat-pusat studi," ucap Amarulla.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih