Sabtu, 20/04/2024 20:08 WIB

Dalami Orasi Ilmiah Rektor Unhan, Hasto: Transformasi Digital Maritim 5.0 Sangat Menarik

Orasi ilmiah tersebut mengakar pada realitas Indonesia sebagai negara kelautan

Pengukuhan gelar profesor Rektor Unhan, Laksdya TNI Amarulla Octavian

Jakarta, Jurnas.com - Rektor Universitas Pertahanan, Laksamana Madya TNI Prof. Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD., CIQnR., CIQaR., IPU dikukuhkan dengan gelar profesor, guru besar tetap, Ilmu Pertahanan Bidang Sosiologi Pertahanan.

“Apa yang disampaikan Pak Rektor dalam orasi ilmiah dengan judul Masyarakat Maritim 5.0 dan Ancaman Keamanan Maritim Digital semakin memerkuat landasan intelektual tentang pentingnya doktrin Indonesia Poros Maritim Dunia," ujar Mahasiswa Doktoral Strategi Pertahanan, Universitas Pertahanan, Hasto Kristiyanto, Kamis (3/6/2021).

Dalam orasi ilmiahnya tersebut, Prof. Octavian menegaskan gambaran menyeluruh tentang kepentingan maritim nasional, khususnya di dalam menyelesaikan sengketa perbatasan maritim.

Juga menjaga kedaulatan dan kegunaan dalam perspektif pertahanan dalam arti luas terhadap pulau-pulau terluar, dan penerapan prinsip blue economy dalam sistem pengelolaan laut Indonesia.

"Orasi ilmiah tersebut mengakar pada realitas Indonesia sebagai negara kelautan yang ditebari pulau-pulau, menyatu sebagai satu kesatuan geopolitik yang seharusnya seluruh anak bangsa menatap masa depan di laut, masa depan dunia di Pasifik," papar Hasto yang juga Sekjen DPP PDI Perjuangan.

Di dalam memerjuangkan kepentingan maritim tersebut, lanjut Hasto, Indonesia tidak bisa mengabaikan terhadap proses transformasi sosial dengan terjadinya digitalisasi yang oleh Trimmel (2017) hubungan manusia dengan komputer mencapai taraf yang tidak terbayangkan sebelumnya.

Manusia bertransformasi menjadi homo informaticus. Karena itu, bagi Hasto, gagasan Prof Octavian sangat menarik di dalam memerjuangkan blue economy, pendayagunaan sumber daya maritim dengan teknologi digital, membangun ekosistem masyarakat maritim, yang dukung oleh transformasi pendidikan tinggi maritim.

KEYWORD :

Universitas Pertahanan Hasto Kristiyanto Amarulla Octavian Maritim 5.0 laut Indonesia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :