Kata Tokoh Papua, Tidak Ada Freeport Bangun Infrastruktur

Sabtu, 25/02/2017 10:16 WIB

Jakarta - Ketua Gerakan Papua Optimis, Jemmy Demianus Ijie, mengatakan bahwa selama ini Freeport tidak memberikan kontribusi berarti untuk kawasan Papua. Menurut Jemmy, ia hanya mendengar saja bahwa Freeport telah banyak kontribusinya, tapi hanya mendengar.

"Kami sudah lama mendengar bahwa selama ini Freeport telah banyak kontribusinya. Tapi lihat kondisi sebenarnya Papua. Jalan kota berlubang. Tidak ada Freeport bangun infrastruktur di Papua, apalagi smelter," jelas Jemmy saat diskusi polemik Republik Freeport di Cikini, Jakarta pada Sabtu (25/2).

Tokoh pemuda Papua asal Manokwari ini menyebut bahwa sumber daya Papua yang dipekerjakan Freeport hanayalah sebagai tenaga kasar. Artinya, sumber daya Papua tidak lantas bisa menikmati secara terhormat apa yang menjadi kekayaan tanah Papua.

"Jika dikatakan Freeport bangun Papua, kenapa ada tuntutan dari masyarakat? Freeport tidak mau bangun smelter, jangan-jangan ada yang disembunyikan," tanya Jemmy.

Jemmy menilai bahwa ada sesuatu yang memang disembunyikan oleh Freeport. Jemmy menunjuk bahwa Freeport bukanlah negara, maka sudah selayaknya Freeport harus tunduk pada peraturan pemerintah Indonesia.[]

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2