Korsel Tuding Rezim Korut Sengaja Membunuh Kim Jong-nam

Senin, 20/02/2017 07:46 WIB

Seoul - Pemerintah Korea Selatan menuding Korea Utara yang sengaja melakukan pembunuhan Kim Jong-nam, kakak tiri Kim Jong-un yang sekarang menjadi pemimpin Korea Utara di Malaysia pada pekan lalu.

Menurut Korea Selatan, Jong-nam yang merupakan anak pertama dari istri pertama mantan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-il sengaja dibunuh. Karena, Jong-un yang memimpin Korea Utara adalah anak dari istri ketiga Jong-il.

"Berdasarkan berbagai faktor, pemerintah kami yakin kematian Kim Jong-nam, dan melihat lima tersangka adalah warga Korea Utara. Kami yakin rezim Korea Utara berada di belakangan insiden dengan mempertimbangkan empat tersangka adalah warga Korea Utara," kata Menteri Unifikasi Korea Selatan Jeong Joon-hee.

Dilansir AFP, alasannya yang dikemukakan Jeong tidak secara jelas dikemukakan.  "Setelah Korea Utara melakukan tindak kriminal tak manusiawi dan aksi teror, kami terus memperhatikan insiden terakhir ini dengan sangat prihatin," katanya.

Jong-nam tewas setelah cairan yang tidak diketahui disemprotkan ke wajahnya di Bandara Internasional Kuala Lumpur. Seoul menyatakan serangan ini dilakukan oleh agen perempuan yang diperintah Pyongyang.

Satu orang WNI, Siti Aisyah, ditangkap karena terkait dengan kasus ini. Sekarang, pemerintah masih terus berupaya untuk mendampingi perempuan asal Serang tersebut.

Malaysia dalam konferensi persnya kemarin mengatakan, tersangka empat warga Korea Utara yang terlibat dalam pembunuhan Jong-nam yang masih dicari adalah Ri Ji Hyon (33 tahun), Hong Song Hac (34), O Jong Gil (55), dan Ri Jae Nam (57).

Keempatnya meninggalkan Malaysia Senin 13 Februari, pada hari kematian Jong-nam dan masuk ke Malaysia dalam waktu berbeda selama dua pekan sebelumnya. "Saya tidak mau mengungkapkan mereka berada di mana," kata Noor Rashid, namun menegaskan sudah bekerja sama dengan Interpol.

TERKINI
Chelsea Mustahil Terhindar dari Sanksi Pengurangan Poin Liverpool Mata-matai Striker Incaran Arsenal Keok dari Frosinone, Salernitana Degradasi ke Serie B Ten Hag Sebut Rashford Perlu Dukungan untuk Bangkit