Ini Konfirmasi Bea Cukai Terkait Impor KTP dan NPWP

Jum'at, 10/02/2017 09:59 WIB

Jakarta-Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi membenarkan terkait beredanya berita di media massa bahwa ada pengiriman barang melalui jasa pengiriman Fedex berupa 36 lembar KTP dan lainnya  yang berasal dari Kamboja.

“Berdasarkan laporan dari lapangan, hari Jumat (03/2) didapati pengiriman barang berupa 36 lembar KTP, 32 lembar NPWP, satu buku tabungan dan satu buah kartu ATM melalui Fedex yang berasal dari Kamboja,” kata Heru.

Laporan tersebut disampaikan Heru saat menerima kunjungan resmi Anggota Komisi II DPR RI yang dipimpin oleh Agung Widyantoro, bertempat di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bedan dan Cukai Rawamangun pada Kamis, (09/2).

Akan tetapi, Heru menganggap bahwa temuan tersebut tanpa kesengajaan. Pasalnya, ditemukannya kiriman tersebut berawal dari pemeriksaan prosedural petugas lapangan atas setiap barang yang dikirim.  

“Sesuai prosedur, petugas lapangan melakukan pemeriksaan rutin atas barang yang dikirim, termasuk kiriman tersebut,” ujarnya.

Menurutnya, pemeriksaan dilakukan baik atas dokumen maupun fisik barang dengan menggunakan alat bantu X-ray, dilakukan bersama dengan petugas Fedex.

Ketika ditanya terikat motif dari pengiriman barang-barang tersebut, Heru menjawab bahwa pihak Bea Cukai sedang  berkoordinasi intensif dengan Polri, Dirjen Pajak dan Kemendagri untuk mengetahui motif dari pengiriman barang-barang tersebut.

“Untuk memastikannya, perlu waktu untuk dilakukan pendalaman lebih lanjut, bisa jadi pengiriman ini terkait dengan rencana kejahatan siber, kejahatan perbankan, atau pencucian uang" ujar Heru. (Reporter: Khairul Anwar)

Keyword : E-KTP Bea Cukai

TERKINI
Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih Celine Dapuk Esther-Rose McGregor Kampanye Wewangian Terbaru Chelsea Mustahil Terhindar dari Sanksi Pengurangan Poin Liverpool Mata-matai Striker Incaran Arsenal