Buku "Saat Noni Datang" Bantu Ortu Kenali Emosi Anak

Rabu, 22/02/2023 19:59 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga bersama Tanoto Foundation, meluncurkan buku `Saat Noni Datang` pada Rabu (22/2).

Buku ini berisi sejumlah tema mengenai jenis-jenis emosi anak. Selain membantu anak dalam mengenali emosinya, juga menjadi media bagi orang tua dan pendidik dalam mengajarkan anak cara mengelola emosi yang mereka rasakan. Juga, mendukung pengembangan kemampuan bahasa dan pra-literasi.

Menteri Bintang mengatakan bahwa mengenali emosi merupakan salah satu komponen penting yang harus dimiliki oleh anak, sebelum menguasai kemampuan kecerdasan emosi yang lebih kompleks.

"Pengenalan terhadap emosi harus dimulai dan dibiasakan sejak dini. Semakin anak mengenali emosi yang ia rasakan, semakin ia bisa mengendalikan dirinya," terang Menteri PPPA.

"Salah satu cara orang tua mengenalkan emosi pada anak adalah melalui buku bacaan. Kehadiran buku bergambar dengan warna warni yang menarik, di dukung dengan cerita yang apik sehingga anak menjadi lebih tertarik," imbuh dia.

Menteri PPPA menambahkan, ketika anak sudah mampu mengenal emosinya sendiri dan juga berempati pada emosi orang lain, maka anak akan mampu membina hubungan yang baik dengan orang-orang yang ada di sekitarnya.

Kemudian, dengan memberikan ruang bagi anak-anak untuk mengenali emosinya, juga dapat menjadi sarana bagi anak untuk mengeluarkan kreativitas, serta ungkapan dari isi hati dan pikirannya.

CEO Global Tanoto Foundation, J. Satrijo Tanudjojo menuturkan, bahwa anak yang memiliki kecerdasan emosi, diyakini akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk meraih sukses di masa depan.

"Bukan hanya perkembangan fisik dan bahasa, orang tua perlu memperhatikan juga perkembangan sosial emosional anak. Anak-anak perlu diajarkan bagaimana cara mengelola perasaan mereka dengan cara yang baik dan konstruktif. Hal ini menjadi salah satu fondasi penting agar anak-anak kita dapat tumbuh dan berkembang secara optimal," sambung Satrijo.

Lebih lanjut, Satrijo menjelaskan bahwa buku ini merupakan bentuk komitmen berkelanjutan Tanoto Foundation kepada dunia pendidikan dan pengembangan anak usia dini, khususnya mengenai pemenuhan hak tumbuh kembang anak.

"Kami berharap buku ini dapat memperkaya literatur dalam dunia pendidikan dan pengembangan anak usia dini yang lebih holistik, sekaligus menjadi pengalaman belajar yang bermakna bagi anak-anak kita," tutup dia.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya