AHY Usul Pembentukan Sekretariat Perubahan, Begini Respon PKS

Kamis, 26/01/2023 19:14 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Usulan Partai Demokrat agar segera dibentuk Sekretariat Perubahan sebagai sekretariat bersama calon mitra di Koalisi Perubahan disambut baik Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Menurut Juru Bicara PKS Muhammad Kholid, pembentukan sekretariat bersama tersebut akan semakin memperkuat soliditas NasDem, PKS, dan Demokrat.

"Serta dapat memperlancar proses menuju deklarasi bersama Koalisi Perubahan dalam rangka mengusung Anies Baswedan sebagai bakal Calon Presiden (Bacapres) RI," kata Kholid dalam keterangan resminya, Kamis (26/1).

Dia mengungkapkan, selama ini sudah terbentuk Tim Kecil Koalisi Perubahan yang menggodok kesepakatan-kesepakatan penting dalam koalisi.

"Tim kecil tersebut sudah bekerja dengan sangat baik. Kami setuju jika Tim Kecil tersebut bisa ditransformasi menjadi Sekretariat Perubahan," ujarnya.

Mengenai cawapres, Kholid menyatakan PKS bersikap rasional dan adil. Yang terpenting, sosok tersebut dapat melengkapi dan membantu kemenangan capres yang akan diusung bersama.

Bagi PKS, kata Kholid, cawapres harus menjadi faktor nilai tambah kemenangan. Pembahasan di tim kecil sudah berjalan cukup intensif dan mendalam. Semua pertimbangan dan pandangan ketiga partai sudah dibahas bersama.

"Prinsipnya, PKS setuju untuk mendukung siapa pun yang terbaik yang paling besar peluangnya untuk memenangkan Pilpres," jelas Kholid.

Lebih lanjut dia menyampaikan sikap resmi PKS terkait deklarasi dukungan capres dan cawapres akan disampaikan langsung oleh pimpinan partai.

Musyawarah Majelis Syuro PKS telah memberikan mandat kepada Ketua Majelis Syuro untuk menetapkan keputusan hasil Musyawarah Majelis Syuro sebelumnya terkait penentuan pilihan capres dan cawapres.

"Terkait deklarasi dukungan, DPP PKS menunggu arahan dari Ketua Majelis Syuro PKS, Habib Dr. Salim Segaf Al-Jufrie. DPP PKS sebagai pelaksana tugas dari amanat Majelis Syuro akan taat dan patuh menjalankan keputusan Majelis Syuro." Ujar Kholid.

Oleh karena itu, Kholid meminta agar masyarakat, khususnya keluarga besar PKS untuk dapat bersabar menunggu keputusan resmi dari pimpinan partai.

"Mohon doanya agar PKS dapat memutuskan dengan cara terbaik, waktu terbaik, dan pada pilihan yang terbaik," pungkasnya.

Sebelumnya Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengajak Partai Nasdem dan PKS segera membentuk Sekretariat Perubahan. Pembentukan Kantor Sekretariat ini sebagai bukti keseriusan dan komitmen Partai Demokrat untuk mewujudkan Koalisi Perubahan.

"Koalisi Demokrat, PKS, dan Nasdem dipersatukan oleh visi dan semangat yang sama, senasib dan seperjuangan, untuk mengemban amanah rakyat yang menginginkan perubahan dan perbaikan pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," kata AHY melalui keterangan tertulis.

AHY mengeklaim kerja tim kecil Koalisi Perubahan sudah mendekati tahap final. Dengan rentang waktu komunikasi lebih dari enam bulan, kata dia, sudah cukup untuk mengambil keputusan yang penting dan fundamental.

Apalagi, ketiga partai politik (parpol) yang tergabung dalam Koalisi Perubahan itu sudah ada kesamaan cara pandang, yakni mengusung Anies Baswedan sebagai capres 2024.

"Bagi Demokrat, Mas Anies adalah tokoh perubahan dan perbaikan,” ujarnya.

 

 

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2