Tolak Kerjasama, Washington Naikkan Pajak Impor Meksiko

Jum'at, 27/01/2017 11:14 WIB

Washington - Juru bicara Gedung Putih, Sean Spicer, memberikan pernyataan bahwa Presiden Donald Trump akan berusaha menaikkan pajak barang impor dari Meksiko. Rencananya, pendapatan dari hasil pajak tersebut akan digunakan untuk membangun tembok perbatasan.

Soal kenaikan pajak itu diumumkan setelah Presiden Meksiko membatalkan kunjungan ke Washington. Presiden Meksiko, Enrique Pena Nito, di tengah sengketa siapa yang akan mendanai pembangunan tembok pembatas AS - Meksiko, menolak satu sen pun untuk pembangunan dan membatalkan kunjungannya ke Washington.

Pada Rabu (25/01) lalu, Trump telah menandatangani sebuah perintah eksekutif untuk membuat dinding diperbatasan Selatan Amerika Serikat dengan Meksiko. Pada perintah eksekutif itu Meksiko diminta membayar seratus persen ongkos pembangunan. Namun, Presiden Enrique Pena Nieto bersikeras ia tidak akan membayar satu sen pun.

Pena Nieto kemudian berkicau di Twitter bahwa ia menarik diri dari pertemuan yang direncanakan dengan Trump di Washington minggu depan, menanggapi cuitan Trump sebelumnya, seperti dilansir di Reuter.

Dia menanggapi tweet sebelumnya dari Trump yang mengatakan akan lebih baik bagi pemimpin Meksiko untuk tidak datang dan Meksiko tidak akan membayar untuk dinding pembatas tersebut.

Jubir Gedung Putih, mengatakan kepada wartawan bahwa presiden telah membahas proposal pendanaan dengan anggota parlemen. Mereka sedang mempertimbangkan rencana menjadikannya bagian dari paket reformasi pajak Kongres AS.

"Pajak 20% bisa menghasilkan 10 Miliar dollar pajak dalam pertahun. Saat ini, kebijakan negara kita hanya mengenakan pajak ekspor sementera impor dibiarkan mengalir bebas, kan konyol," tambah Sean Spicer.

Kepala staf Gedung Putih, Reince Priebus, mengatakan bahwa pajak perbatasan hanya salah satu dari beberapa pilihan yang dipertimbangkan.[]

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2