Profil Azwar Anas, Menpan-RB Baru yang Akan Dilantik

Rabu, 07/09/2022 11:22 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Kepala Lembaga Kajian Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Abdullah Azwar Anas dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB), Rabu (7/9).

Azwar Anas menggantikan almarhum Tjahjo Kumolo yang wafat pada 1 Juli 2022 lalu.

Azwar Anas yang lahir di Banyuwangi pada 6 Agustus 1973 merupakan Bupati Banyuwangi dua periode atau tepatnya sejak 2010 hingga 2021.

Azwar Anas memulai pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Karangdoro, Tegalsari pada 1980. Tiga tahun kemudian, Azwar Anas pindah ke MI Kebunrejo, Genteng, Banyuwangi.

Lulus dari MI, Azwar Anas melanjutkan pendidikannya di SMP 1 Genteng dan setahun kemudian pindah ke SMP Negeri 1 Banyuwangi. Memasuki masa SMA, Azwar Anas hijrah ke Jember dan masuk SMA Negeri 1 Jember dan tamat pada tahun 1992.

Lulus SMA, Azwar Anas kuliah di Fakultas Sastra Universitas Indonesia (UI). Ia kemudian melanjutkan pendidikan magister di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UI.

Selain pernah bekerja sebagai Reporter Radio Prosalina FM dan News Editor Radio Attahiriyah 98,8 FM, Azwar Anas juga aktif di organisasi dan bahkan sempat menjadi Ketua Umum Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) pada tahun 2000.

Pria yang besar di lingkungan pesantren ini pun terjun ke dunia politik dengan menjadi anggota MPR pada 1997 kala berusia 24 tahun atau anggota MPR dari utusan termuda saat itu. Sempat gagal tembus Senayan pada 1999, Anas masuk parlemen dan menjadi anggota DPR periode 2004-2009.

Modal politik dengan terlibat sejumlah pansus selama di DPR tak membuat Azwar Anas dapat melenggang masuk Senayan untuk periode 2009. Namun, kegagalan tersebut justru membuat Azwar Anas kembali ke kampung halamannya di Banyuwangi dan berlaga di pemilihan kepala daerah.

Berpasangan dengan Yusuf Widyatmoko, Azwar Anas terpilih sebagai Bupati Banyuwangi untuk periode 2010-2015. Pasangan ini juga memenangkan Pilkada Banyuwangi pada 2015.

Selama memimpin Banyuwangi, Azwar Anas meluncurkan berbagai progam daerah di antaranya seperti peresmian Bandar Udara Blimbingsari, pendidikan gratis, mengadakan event budaya yaitu Banyuwangi Ethno Carnival, Banyuwangi Jazz Festival, Tour de Ijen, dan Banyuwangi Festival, serta perencanaan wisata Banyuwangi dengan konsep eco-tourism.

Berkat kepemimpinannya, Banyuwangi dikenal dunia. Azwar Anas pun diganjar sejumlah penghargaan. Salah satunya dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) sebagai salah satu kepala daerah yang membangun daerahnya dengan semangat budaya.

Pada 2015, Azwar Anas hijrah ke PDIP. Setelah masa baktinya di Banyuwangi selesai, Azwar Anas mencoba panggung yang lebih besar, yakni Pilkada Jawa Timur pada 2018.

Namun, rencananya mendampingi Saifullah Yusuf atau Gus Ipul di Pilkada Jatim 2018 batal. Azwar Anas kemudian menjabat sebagai Kepala LKPP sejak 13 Januari 2022.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2