Paus Fransiskus Janji Tak Toleransi Kekerasan Seksual

Senin, 05/09/2022 08:04 WIB

JAKARTA, Jurnas.com - Gereja Katolik harus menunjukkan "toleransi nol" terhadap kekerasan seksual oleh anggota klerus, kata Paus Fransiskus dalam kutipan wawancara dengan saluran televisi Portugis yang disiarkan pada Minggu (4/9).

"Sangat jelas. Ini tidak ada toleransi," katanya kepada TVI/CNN Portugal dalam sebuah wawancara, yang kutipannya dipublikasikan di situs web saluran tersebut.

"Seorang pendeta tidak bisa terus menjadi pendeta jika ia adalah seorang agresor. Ia tidak bisa karena ia sakit, atau penjahat," katanya.

"Ini mengerikan karena menghancurkan kehidupan," tambahnya, selama wawancara dua bagian yang akan ditayangkan pada Minggu dan Senin.

Penyelidikan independen terhadap pelecehan seksual di dalam Gereja Katolik di Portugal sejauh ini telah mengumpulkan kesaksian dari sekitar 400 orang, kata pria yang memimpin penyelidikan, psikiater anak Pedro Stretch.

Akibatnya, 17 kasus telah dirujuk ke pengadilan. Temuan penyelidikan diharapkan pada akhir tahun. "Saya tidak menyangkal pelanggaran," kata paus. "Satu pelecehan saja sudah sangat mengerikan."

Ia mengatakan berharap untuk mengunjungi Portugal pada Agustus tahun depan untuk Hari Orang Muda Sedunia, sebuah pertemuan kaum muda Katolik. "Saya pikir saya akan pergi. Bagaimanapun, paus akan pergi," katanya.

Paus telah meningkatkan kemungkinan pensiun karena kesehatannya yang menurun.

Sumber: AFP

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih