Longsoran Salju di Pegunungan Alpen Tewaskan Enam Orang

Senin, 04/07/2022 22:35 WIB

Milan, Jurnas.com - Sedikitnya enam orang tewas setelah terjebak dalam longsoran salju, yang dipicu oleh runtuhnya gletser di Pegunungan Alpen, Italia bagian utara. Sementara itu, sembilan orang terluka dan dua di antaranya mengalami luka serius.

Dikutip dari BBC pada Senin (4/7), tim penyelamat menggunakan helikopter dan drone bekerja sepanjang malam, mencari 19 orang yang masih dinyatakan hilang, pasca terjadinya reruntuhan es di lereng Gunung Marmolada, gunung tertinggi di daerah itu.

"Longsor salju, es, dan batu yang di jalurnya menghantam jalan akses ketika ada beberapa pihak yang diikat dengan tali, beberapa di antaranya hanyut," kata juru bicara layanan darurat Michela Canova.

"Jumlah pasti pendaki gunung yang terlibat belum diketahui," tambahnya.

Menurut keterangan tim penyelamat, para pejalan kaki yang terluka, termasuk satu orang yang tersisa dalam kondisi kritis, dibawa ke beberapa rumah sakit di sekitar daerah itu. Namun belum diketahui penyebab bagian gletser yang disebut serac, runtuh.

Kendati demikian, Walter Milan, juru bicara layanan penyelamatan, mengatakan kepada TV pemerintah bahwa daerah itu mengalami suhu yang sangat tinggi dalam beberapa hari terakhir.

"Panasnya tidak biasa," kata Milan. Dia mencatat suhu mencapai 10 derajat celsius di puncak gletser dalam beberapa hari terakhir.

"Itu panas yang ekstrem. Jelas itu sesuatu yang tidak normal," tutup Milan.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2