Intelijen Inggris: Rusia Luncurkan Rudal Antikapal era 1960-an

Sabtu, 11/06/2022 14:12 WIB

London, Jurnas.com - Intelijen Inggris mengklaim pasukan bomber Rusia telah meluncurkan rudal antikapal era 1960-an, yang biasanya digunakan menghancurkan kapal induk dengan hulu ledak nuklir, untuk menyasar sasaran di daratan Ukraina.

Dikatakan, rudal Kh-22 seberat 5,5 ton ketika digunakan dalam serangan darat dengan hulu ledak konvensional, sangat tidak akurat dan dapat menyebabkan kerusakan parah dan korban jiwa.

Dikutip dari Associated Press pada Sabtu (11/6), Rusia kemungkinan menggunakan senjata semacam itu karena kekurangan rudal modern yang lebih presisi, menurut keterangan Kementerian Pertahanan Inggris dalam pembaruan harian.

Namun, Inggris tidak memberikan rincian di mana tepatnya rudal tersebut diperkirakan telah dikerahkan.

Pasukan Rusia memusatkan upaya mereka merebut semua wilayah timur Ukraina, mulai dari tambang batu bara dan pabrik yang dikenal sebagai Donbas. Daerah itu berbatasan dengan Rusia dan sebagian dikuasai oleh separatis yang didukung Moskow sejak 2014.

Warga sipil melarikan diri dari pertempuran sengit di Ukraina timur, tak lama setelah pasukan Rusia dan Ukraina terlibat dalam pertempuran sengit untuk memperebutkan kota-kota utama di jantung industri negara itu.

Laporan itu mengatakan pertahanan udara Ukraina masih menghalangi pesawat taktis Rusia melakukan serangan di sebagian besar negara.

TERKINI
Unggah Foto Dirinya Menangis, Instagram Justin Bieber Diserbu Penggemar Gara-gara Masalah Pita Suara, Jon Bon Jovi Anggap Shania Twain Adiknya Reaksi Taylor Swift saat The Tortured Poets Department Tembus 2,6 Juta Unit dalam Seminggu Disindir di Album TTPD Taylor Swift, Bagaimana Kabar Joe Alwyn Sekarang?