Lewat TOT, Aisyiyah Lahirkan Guru PAUD Handal dan Inovatif

Jum'at, 10/06/2022 17:17 WIB

Jakarta, Jurnas.com - PP Aisyiyah menggelar Training of Trainer (TOT), yang menyasar 30 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kegiatan yang berlangsung hingga Agustus ini diharapkan dapat melahirkan guru PAUD yang handal dan inovatif.

Wakil Ketua Majelis Dikdasmen PP Aisyiyah, Chandrawaty mengatakan, pendidikan yang berkualitas tergantung pada SDM guru yang berkualitas pula. Pasalnya, hal itu berpengaruh pada bagaimana pendidik menerapkan pembelajaran di dalam kelas.

"Dalam rangka mewujudkan layanan PAUD berkuatlitas, diperlukan dan harus disiapkan trainer ahli di internal Aisyiyah. Ahli yang mampu memberikan penyuluhan sesyuai dengan kualitas yang dicanangkan," kata Chandrawaty dalam kegiatan `Launching TOT Guru PAUD Aisyiyah Tahun 2022 & Kuliah Umum Perdana` pada Jumat (10/6) secara daring.

Guru PAUD yang handal, lanjut Chandrawaty, tidak hanya memiliki kompetensi mengajar yang mumpuni, namun juga bisa menginspirasi, berorientasi spiritual, dan memiliki kemampuan komunikasi dan literasi.

"Juga, mampu membangun komunikasi yang efektif dalam berbagai kondisi," ujar dia.

Ketua Majelis Dikdasmen PP Aisyiyah, Fitniwilis menerangkan, kegiatan pelatihan ini sebenarnya sudah dicanangkan sejak beberapa tahun lalu. Namun, pelaksanaanya terkendala pandemi Covid-19.

Dia berharap, TOT Guru PAUD dapat melahirkan guru yang berkarakter dan inspiratif. Sebab, kedua hal itulah yang dibutuhkan oleh peserta didik yang akan menjadi generasi masa depan.

"Pelatihan ini harapannya dapat menciptakan guru yang bisa menginpirasi murid-muridnya, dan bagaimana murid bisa belajar dengan nyaman, tenang, dan kreativitasnya muncul. Tentu saja, harus dilandasi dengan karakter Islami, karakter yang bisa diharapkan menjadi Insan Kamil," imbuh Fitniwilis.

Hal senada juga disampaikan Ketua Umum PP Aisyiyah, Siti Noordjannah Djohantini. Dia mengatakan, 30 calon trainer handal ini akan menjadi motivasi bagi para peserta pelatihan selanjutnya, terutama dalam hal penerapan teknologi pembelajaran pasca pandemi Covid-19.

"Kami atas nama PP Aisyiyah mengapresiasi dengan harapan program ini bisa berjalan dengan baik. Tidak saja ditentukan oleh pelaksana, mentor, namun oleh semua kita yang memiliki komitmen," harap dia.

Direktur PAUD Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), Muhammad Hasbi, yang hadir dalam kegiatan ini, menekankan bahwa guru dan tenaga kependidikan merupakan komponen penting dalam mewujudkan PAUD yang berkualitas.

Karena itu, sambung Hasbi, guru setidaknya harus memiliki empat kompetensi untuk sampai pada tujuan ini. Pertama, kompetensi kepribadian atau kemampuan personal yang mencerminkan guru berakhlak mulia dan menjadi teladan.

"Kedua, kompetensi pedagogik. Yakni, kemampuan guru PAUD dalam pembelajaran dan mengembangkan potensi peserta didik. Ketiga, kompetensi sosial, yakni kemampuan guru bergabung dengan ekosistem yang lain. Dan keempat, kompetensi mengenai ke-PAUD-an," jelas Hasbi.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2