Punya Banyak Akun Medsos, Ini Resikonya

Rabu, 14/02/2018 23:34 WIB

Jakarta - Berapa akun media sosial yang anda punya? Mereka yang punya akun media sosial lebih dari 7 (tujuh), maka  punya kecenderungan 3 (tiga) kali lebih besar terkena depresi.

Survey yang dilakukan oleh penelitian ini meliputi 11 (sebelas) platform media sosial pada tahun 2014. Survey menemukan bahwa anak-anak muda para pengguna media sosial yang memiliki 7 akun dari 11 platform media sosial yang ada mempunyai catatan 3,1 kali lebih besar tanda-tanda depresi jika dibandingkan dengan mereka yang tdiak punya atau hanya punya maksimal dua akun.

"Orang dengan gejala depresi maupun ansitas cenderung menggunakan berbagai macam bentuk media sosial yang ada," kata Brian  Primack dari University Of Pittsburgh.

"Yang mereka cari contohnya, berbagai hal yang akan membuat mereka merasa nyaman dan merasa diterima," kata Brian.

"Tetapi mencoba mengelola tampilan diri dalam banyak platform malah bisa semakin membawa pada depresi dan kecemasan," lanjut Brian.

Mengapa kecenderungan itu terus berlanjut? Melompat-lompat dari satu akun ke akun lain. Dari Facebook pindah ke Instagram kemudian melongok di Twitter, lanjut lagi ke Path, kemudian saya halo di Google+, bercanda di Snapchat, hingga mencari pasangan di Tinder.

Menurut Brian, kesukaan berpindah-pindah, lebih menunjukkan masalah kesehatan mental dari penggunanya. Banyaknya hal yang berbeda-beda, perbedaan suasana di berbagai platform, semakin sulitnya mengelola berbagai akun yang berbeda bisa menjadikan orang cenderung lebih emosional dan mood yang buruk.

Lebih buruknya karena ketidakpahaman akan banyak hal membuat pengguna banyak aku akan nekat agar tetap terlihat eksis hingga melakukan kekeliruan yang menyebabkan dia malah mendapatkan respon yang tidak menguntungkan yang membawa pada kecemasan.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih