Fenomena Tsunami Kabut Muncul Inggris, Ini Penjelasannya

Minggu, 17/04/2022 05:01 WIB

London, Jurnas.com - Fenomena alam unik, tsunami kabut, tertangkap foto kamera di Plymouth, Inggris pada Kamis (14/4) lalu, sebelum kabut menyelimuti seluruh kota.

Dikutip dari Daily Star pada Minggu (17/4), fenomena cuaca juga dikenal sebagai meteotsunami ini terjadi ketika kondensasi dari udara hangat, menyatu dengan air laut yang dingin, sehingga menciptakan efek selimut awan yang bergerak cepat.

Sam Whitfield, dari UK Weather Chase, terkesan dengan pemandangan surealis itu. Menurut dia, ini adalah yang fenomena terbaru dari beberapa kejadian tidak biasa di langit Plymouth.

Pada 10 April lalu, sebuah lingkaran cahaya yang indah terlihat di sekitar matahari, sementara pada awal minggu ini sebuah `awan malaikat` terlihat di pusat kota oleh seorang wanita lokal yang menemukan kenyamanan darinya.

"Pada dasarnya itu adalah sejumlah besar kabut. Ketika kondisinya tepat di akhir musim semi atau awal musim panas, kondensasi dari udara hangat yang menyatu dengan air laut yang dingin dapat menciptakan efek dramatis seperti yang terlihat," terang Whitfield.

Fenomena itu muncul usai layanan ramalan cuaca, Met Office, meramalkan gelombang panas Paskah akhir pekan ini, di mana beberapa bagian wilayah Inggris diprediksi lebih panas daripada Ibiza hari ini.

Terbukti, 15 April lalu juga menandai hari terpanas sepanjang tahun di Inggris, yakni St James Park, London yang mencatat suhu 22 celsius.

Dalam video terbaru mereka, ahli meteorologi ramalan cuaca Greg Dewhurst mengatakan, "Lebih banyak sinar matahari di timur laut Inggris dibandingkan dengan Jumat Agung juga, dan lebih kering untuk Irlandia Utara."

"(Sinar matahari) terbaik (akan datang) melintasi Inggris tengah dan selatan. Tidak sehangat Jumat Agung tetapi suhu tertinggi masih sekitar 21 celsius, mungkin 22 celsius," papar dia.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih