PKB Tegur Keras Menag, Diminta Akui Kesalahan

Kamis, 24/02/2022 19:17 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memberikan teguran keras kepada Menteri Agama ( Menag) Yaqut Cholil Qoumas terkait pernyataan memperbandingkan suara azan dengan gonggongan anjing yang tengah menuai polemik di masyarakat.

Untuk diketahui, Menag Yaqut Cholil Qoumas merupakan kader PKB, dan merupakan salah satu Ketua DPP PKB.

Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid mengingatkan agar Menag bekerja dengan benar. "Jangan bikin ribut dan memicu kontroversi. Urusilah hal-hal yang produktif bagi kemaslahatan umat," kata pria yang akrab disapa Gus Jazil dalam keterangannya, Kamis (24/2/2022).

Gus Jazil mengatakan, pihaknya banyak menerima pesan keluhan atas pernyataan Menag Yaqut yang dinilai sangat tidak pantas. Ia sendiri mengaku tak abis pikir kenapa kumandang azan harus dibanding-bandingkan dengan suara gonggongan anjing.

Menurutnya, secara hukum fikih, menjawab azan bagi umat Islam hukumnya adalah wajib. "Lha kok ini dianalogikan dengan gonggongan anjing. Astaghfirullah! Kami sarankan dengan hormat agar Menag meralat dan mengakui kesalahan analoginya," ujarnya.

Daripada harus membuat kegaduhan di ruang publik, Wakil Ketua MPR ini meminta agar Menag lebih fokus dalam membantu Presiden Joko Widodo dalam menjalankan berbagai pekerjaan yang lebih produktif di pemerintahan, terutama dalam hal urusan keagamaan.

Sebab, pernyataan seperti itu selain tidak pantas, juga tidak produktif terhadap mendukung jalannya pemerintahan Jokowi-KH Ma`ruf Amin. "Pak Jokowi berulang kali mengingatkan agar para pembantunya fokus bekerja, bukan malah membikin gaduh," katanya.

 

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2