Politikus PDIP Mangkir Panggilan Pemeriksaan KPK

Selasa, 13/12/2016 20:54 WIB

Jakarta - Anggota Komisi II DPR RI, Arif Wibowo tak memenuhi panggilan pemeriksaan penyidik KPK. Padahal, politikus PDI-Perjuangan ini sedianya diperiksa sebagai kasus dugaan suap proyek pengadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP) pada hari ini, Selasa (13/12).

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah membenarkan ketidakhadiran Arif dalam pemeriksaan yang telah diagendakan hari ini. Arif bahkan tak hadir tanpa memberikan keterangan alias mangkir. "Saksi Arif W tidak hadir tanpa keterangan," ungkap Febri Diansyah saat dikonfirmasi.

Ini bukan kali pertama Arif mangkir panggilan pemeriksaan KPK.  Pada agenda pemeriksaan 9 Desember 2016 lalu, Arif juga mangkir.

Terkait ketidakhadiran ini, lembaga antirasuah akan kembali mengagendakan pemeriksaan terhadap yang bersangkutan. Mengingat, keterangan Arif dinilai penting untuk menguak skandal proyek e-KTP.

Febri sendiri tak menampik ada sejumlah hal yang akan dikonfirmasi penyidik terhadap Arif. Termasuk soal andil Febri dalam pembahasan proyek yang menelan uang negara sekitar Rp 5,8 triliun itu.

"Akan didalami sejumlah informasi terkait dengan posisi masing-masing saat indikasi kejahatan korupsi e-KTP terjadi," tandas Febri.

Dalam kasus e-KTP, KPK baru menetapkan dua pejabat dari Kemendagri sebagai tersangka. Keduanya yakni mantan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri, Irman dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek e-KTP, Sugiharto.

Keduanya ditetapkan sebagai tersangka lantaran diduga menggelembungkan harga atau mark up, berbagai pengadaan dalam proyek e-KTP. Mark up itu diduga menimbulkan kerugian keuangan negara lebihb dari Rp 2 triliun.

Terkait proses penyidikan kasus ini, KPK telah banyak memeriksa saksi. Mulai dari pihak swasta, Kemendagri, ahli, hingga legislator Senayan.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2