Tentara Suriah Tewas Serangan Rudal Israel di Dekat Damaskus

Rabu, 09/02/2022 17:50 WIB

Damaskus, Jurnas.com - Seorang tentara Suriah tewas dan lima terluka dalam serangan Israel di dekat ibu kota, Damaskus, kata media pemerintah Suriah.

Kantor berita Suriah, SANA mengatakan, serangan rudal permukaan-ke-permukaan dari arah Golan yang diduduki terjadi pada pukul 01:10 (23:10 GMT pada hari Selasa) di sekitar Damaskus. Beberapa rudal dijatuhkan oleh pertahanan udara Suriah.

Dikutip dari Aljazeera, militer Israel mengatakan mereka menyerang sasaran di Suriah sebagai tanggapan atas rudal anti-pesawat yang ditembakkan dari arah itu ke Israel utara.

Roket itu meledak di udara dan tidak dicegat oleh pertahanan udara Israel, tetapi mengaktifkan sirene peringatan di Umm al-Fahm, sebuah kota Palestina di Israel utara, menurut militer. Tidak ada laporan cedera atau kerusakan.

"Menanggapi rudal anti-pesawat yang diluncurkan dari Suriah tadi malam, kami baru saja menyerang target rudal darat-ke-udara di Suriah, termasuk radar & baterai anti-pesawat," kicau militer Israel.

Israel telah meluncurkan ratusan serangan terhadap sasaran di dalam bagian Suriah yang dikendalikan pemerintah selama dekade terakhir perang Suriah, tetapi pemerintahnya jarang mengakui atau membahas operasi semacam itu.

Tel Aviv mengatakan pihaknya menargetkan pangkalan kelompok bersenjata sekutu Iran, termasuk Hizbullah Lebanon, yang berperang di pihak pasukan Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Pada tanggal 31 Januari tahun ini, pertahanan udara Suriah mencegat rentetan rudal Israel yang menargetkan sekitar ibukota yang mengakibatkan kerusakan material.

Israel menolak mengomentari serangan itu, yang dilaporkan oleh SANA. Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris mengatakan serangan itu menghantam pos-pos militer dan gudang senjata milik Hizbullah.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2