AS Beri Prasyarat ke Iran soal Kesepakatan Nuklir

Senin, 24/01/2022 10:58 WIB

Washington, Jurnas.com - Amerika Serikat (AS) tidak mungkin mencapai kesepakatan dengan Iran untuk menyelamatkan perjanjian nuklir 2015, kecuali jika Teheran membebaskan empat warga AS yang menurut Washington disandera.

Utusan Khusus AS untuk Iran, Robert Malley, menegaskan posisi lama AS bahwa masalah empat orang yang ditahan di Iran terpisah dari negosiasi nuklir. Dia bergerak selangkah lebih dekat, bagaimanapun, untuk mengatakan bahwa pembebasan mereka adalah prasyarat untuk perjanjian nuklir.

"Mereka terpisah dan kami mengejar mereka berdua. Tetapi saya akan mengatakan sangat sulit bagi kita untuk membayangkan kembali ke kesepakatan nuklir sementara empat orang Amerika yang tidak bersalah disandera oleh Iran," tegas Malley dikutip dari Aljazeera pada Senin (24/1).

"Jadi, bahkan saat kami melakukan pembicaraan dengan Iran secara tidak langsung mengenai file nuklir, kami melakukan, sekali lagi secara tidak langsung, diskusi dengan mereka untuk memastikan pembebasan sandera kami," sambung dia.

Dalam beberapa tahun terakhir, Pengawal Revolusi elit Iran telah menangkap puluhan warga negara ganda dan orang asing, sebagian besar atas tuduhan spionase dan terkait keamanan.

Kelompok-kelompok hak asasi menuduh Iran mengambil tahanan untuk mendapatkan pengaruh diplomatik, sementara kekuatan Barat telah lama menuntut agar Teheran membebaskan warganya, yang mereka katakan adalah tahanan politik. Sementara itu Teheran membantah menahan orang karena alasan politik.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih