Panel Kesehatan Jepang Setujui Obat Oral COVID-19 Buatan Merck

Jum'at, 24/12/2021 18:30 WIB

TOKYO, Jurnas.com - Panel kementerian kesehatan Jepang pada Jumat (24/12) merekomendasikan persetujuan pil anti-virus COVID-19 yang dikembangkan oleh Merck & Co.

Ini merupakan bagian dari rencana Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida untuk meluncurkan perawatan baru pada akhir tahun karena kekhawatiran tentang peningkatan varian Omicron.

Keputusan panel menetapkan tahap untuk pengiriman 200.000 dosis di seluruh negeri mulai akhir pekan ini, berdasarkan persiapan yang diumumkan sebelumnya oleh Kishida.

Jepang sangat bertaruh pada perawatan oral untuk mencegah infeksi serius dan kematian jika gelombang keenam pandemi yang ditakuti muncul.

Bulan lalu, pemerintah setuju untuk membayar Merck dan mitranya Ridgeback Biotherapeutics sekitar US$1,2 miliar untuk 1,6 juta program molnupiravir obat mereka.

Selain itu, Kishida minggu lalu mengumumkan kesepakatan untuk pengadaan 2 juta dosis pil anti-virus terpisah yang dikembangkan oleh Pfizer. Dan Shionogi & Co Jepang diharapkan segera mengajukan persetujuan pengobatannya sendiri, memasok 1 juta dosis lagi pada awal tahun depan.

Regulator Amerika Serikat (AS) pada Kamis (23/12) mengesahkan pil Merck untuk pasien dewasa tertentu yang berisiko tinggi.

Merck dikenal sebagai MSD di luar Amerika Serikat dan Kanada.

Negara-negara bergegas membeli molnupiravir setelah hasil awal yang sangat menjanjikan, tetapi data perusahaan berikutnya pada akhir November menunjukkan obat itu secara nyata kurang efektif daripada yang diperkirakan sebelumnya. Prancis membatalkan pesanannya pada hari Rabu.

Jepang minggu ini mengkonfirmasi kasus infeksi Omicron pertama yang tidak dapat ditelusuri kembali ke pelancong luar negeri. Transmisi komunitas dari varian tersebut sekarang telah ditemukan di kota-kota barat Osaka dan Kyoto, dan kasus yang dicurigai diumumkan di Tokyo pada Jumat. (Reuters)

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Komisi I DPR: Pemerintah Perlu Dialog Multilateral Redam Konflik di Timur Tengah Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios