Jum'at, 26/04/2024 05:52 WIB

AS Kembali Izinkan Pil Merck sebagai Pengobatan COVID-19 di Rumah

Molnupiravir, dikembangkan dengan Ridgeback Biotherapeutics dan terbukti mengurangi rawat inap dan kematian sekitar 30 persen dalam uji klinis individu berisiko tinggi di awal perjalanan penyakit.

FOTO FILE: Pil pengobatan COVID-19 eksperimental yang disebut molnupiravir sedang dikembangkan oleh Merck & Co Inc dan Ridgeback Biotherapeutics LP, terlihat dalam foto selebaran tak bertanggal yang dirilis oleh Merck & Co Inc dan diperoleh Reuters 17 Mei 2021. Merck & Co Inc /Handout melalui Reuters

WASHINGTON, Jurnas.com - Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA), Amerika Serikat (AS) pada Kamis (23/12) mengesahkan penggunaan pil Molnupiravir Merck & Co untuk COVID-19 untuk pasien dewasa tertentu yang berisiko tinggi.

Dikutip dari Reuters, FDA mengatakan obat Merck dapat digunakan ketika perawatan resmi lainnya tidak dapat diakses atau sesuai secara klinis.

Molnupiravir, dikembangkan dengan Ridgeback Biotherapeutics dan terbukti mengurangi rawat inap dan kematian sekitar 30 persen dalam uji klinis individu berisiko tinggi di awal perjalanan penyakit.

Otorisasi memungkinkan penggunaan obat untuk COVID-19 ringan hingga sedang dan bersama dengan pil Pfizer, dapat menjadi alat penting melawan varian Omicron yang menyebar cepat, yang sekarang dominan di Negeri Paman Sam.

Obat Pfizer, Paxlovid, disahkan pada Rabu (23/12) untuk orang berusia 12 dan lebih tua dan telah terbukti hampir 90 persen efektif dalam mencegah rawat inap dan kematian pada pasien yang berisiko tinggi penyakit parah, menurut data percobaan.

FDA mengatakan beberapa pasien harus menghindari rejimen dua obat Pfizer karena termasuk antivirus yang lebih tua yang disebut ritonavir yang diketahui berinteraksi dengan beberapa obat resep lainnya. Ini juga tidak dianjurkan untuk orang dengan masalah ginjal yang parah.

Merck berencana mengirimkan ratusan ribu kursus perawatan dalam beberapa hari mendatang dan 1 juta selama beberapa minggu ke depan. Pfizer berencana mengirimkan sekitar 250.000 kursus di bulan depan.

Ketersediaan pengobatan lain adalah pertimbangan pertama bagi dokter yang berpikir untuk meresepkan pengobatan Merck, menurut Patrizia Cavazzoni, direktur Pusat Evaluasi dan Penelitian Obat FDA.

FDA telah mengizinkan perawatan intravena, sebagian besar untuk penggunaan di rumah sakit, yang disebut antibodi monoklonal tetapi ketersediaannya terbatas dan kemanjuran terhadap varian Omicron lebih rendah.

Pejabat FDA John Farley mengatakan selama konferensi pers bahwa obat antibodi GlaxoSmithKline dan Vir Biotech - yang telah terbukti bekerja melawan Omicron - diperkirakan akan kekurangan pasokan musim dingin ini.

Merck mengatakan bahwa pengobatannya memiliki keunggulan dibandingkan pil Pfizer.

"Tidak memerlukan obat kedua untuk meningkatkan kemanjurannya, dan Anda dapat memberikannya pada berbagai populasi pasien khusus, termasuk orang yang memiliki masalah signifikan dengan fungsi hati atau fungsi ginjal," kata wakil presiden senior penelitian klinis untuk vaksin dan penyakit menular Merck, Nick Kartsonis kepada Reuters.

"Persetujuan ini datang pada waktu yang tepat karena lebih banyak perawatan COVID-19 diperlukan untuk melengkapi upaya vaksinasi, terutama mengingat varian kekhawatiran," kata analis Cantor Fitzgerald Louise Chen.

Hampir 62 persen orang di AS divaksinasi penuh, membuat banyak warga AS tidak terlindungi dari gelombang infeksi Omicron. Dua dosis vaksin  Pfizer Inc dan BioNTech SE kurang manjur. Sementara dosis ketiga meningkatkan respon imun.

Antivirus Merck dan Pfizer bekerja dengan mencegah replikasi virus. Pil Merck melakukannya dengan memasukkan kesalahan ke dalam kode genetik virus.

Beberapa ahli FDA mengatakan itu bisa menyebabkan varian yang lebih merepotkan. Ada juga beberapa masalah keamanan di sekitar obat karena dapat mempengaruhi tulang rawan dan pertumbuhan tulang.

Karena alasan itu, obat Merck tidak diizinkan untuk digunakan pada pasien di bawah 18 tahun, kata FDA. Pil tersebut tidak direkomendasikan untuk digunakan selama kehamilan, tambah agensi tersebut.

Badan tersebut menyarankan agar pria dengan potensi reproduksi menggunakan metode pengendalian kelahiran yang dapat diandalkan selama pengobatan dengan molnupiravir, dan setidaknya tiga bulan setelah dosis terakhir.

Obat ini dimaksudkan untuk diminum dua kali sehari - empat pil setiap kali - selama lima hari, membuat kursus pengobatan penuh 40 pil. Perawatan ini dihargai sekitar US$700 per kursus dalam kesepakatan dengan pemerintah AS hingga 5 juta kursus.

Pemerintah AS telah memesan 10 juta kursus obat Pfizer dengan harga US$530 per kursus dibandingkan dengan kesepakatan dengan Merck untuk molnupiravir sebanyak 5 juta kursus dengan harga US$700 per kursus.

Merck mengatakan molnupiravir, yang membantu mencegah virus mereplikasi, harus efektif terhadap varian apa pun, termasuk varian Omicron baru.

KEYWORD :

Amerika Serikat pil Molnupiravir Merck & Co Pasien COVID-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :