WTO Tunda Pertemuan Besar Setelah Wabah Varian COVID-19 Baru

Sabtu, 27/11/2021 11:20 WIB

JENEWA, Jurnas.com - Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) menjadi korban diplomatik besar pertama dari varian COVID-19 baru pada Jumat (26/11) ketika menunda pertemuan tingkat menteri pertamanya dalam empat tahun karena situasi kesehatan yang memburuk.

Para menteri dari anggota WTO akan berkumpul minggu depan untuk pertemuan yang secara luas dipandang sebagai ujian relevansi WTO.

WTO mengatakan, para anggotanya telah sepakat pada Jumat malam untuk menunda konferensi tingkat menteri setelah wabah varian baru menyebabkan pembatasan perjalanan yang akan mencegah banyak menteri mencapai Jenewa.

Tidak ada tanggal baru yang ditetapkan untuk rapat yang dijadwalkan ulang.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengklasifikasikan varian B11529 yang terdeteksi di Afrika Selatan sebagai "varian yang menjadi perhatian". Badan tersebut mengatakan, varian itu dapat menyebar lebih cepat daripada bentuk virus lainnya. 

Swiss, rumah bagi WTO, pada Jumat melarang penerbangan langsung dari Afrika Selatan dan wilayah sekitarnya, dan memberlakukan persyaratan tes dan karantina pada perjalanan dari negara lain, termasuk Belgia, Hong Kong dan Israel.

Badan perdagangan yang berbasis di Jenewa telah merencanakan pertemuan secara langsung, tetapi pembatasan baru berarti delegasi pemain besar seperti Afrika Selatan dan Komisi Eropa yang berbasis di Brussels akan terbatas pada kehadiran virtual.

Bahkan sebelum penundaan, prospeknya tidak cerah.

WTO hanya mengelola satu pembaruan aturan globalnya dalam hampir 27 tahun sejarahnya, Perjanjian Fasilitasi Perdagangan yang memotong birokrasi, dan 164 anggotanya tampak jauh dari kesepakatan dalam pembicaraan paling aktifnya - tentang pembatasan subsidi perikanan dan penyebaran COVID- 19 vaksin lebih luas.

India, Afrika Selatan dan negara berkembang lainnya menyerukan pengabaian hak kekayaan intelektual (IP) untuk vaksin dan perawatan COVID-19 lainnya. Presiden AS Joe Biden mengatakan pada hari Jumat bahwa dia mendukung pengabaian untuk vaksin.

Direktur Jenderal WTO Ngozi Okonjo-Iweala mengatakan penundaan itu tidak berarti negosiasi harus dihentikan.

"Sebaliknya, delegasi di Jenewa harus diberdayakan sepenuhnya untuk menutup celah sebanyak mungkin. Varian baru ini mengingatkan kita sekali lagi akan urgensi pekerjaan yang dibebankan kepada kita," katanya dalam sebuah pernyataan.

Santiago Wills, duta besar WTO Kolombia yang memimpin pembicaraan subsidi perikanan, mengatakan berita itu "mengempis, untuk sedikitnya", tetapi berjanji untuk terus bekerja menuju kesepakatan untuk menyelamatkan stok ikan global. (REUTERS)

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2