Bank Dunia Setop Pencairan Dana Operasi di Sudan

Rabu, 27/10/2021 23:30 WIB

Khartoum, Jurnas.com - Bank Dunia menghentikan pencairan dana untuk operasi di Sudan pada Rabu (27/10), sebagai tanggapan atas perebutan kekuasaan militer dari pemerintah transisi.

Sementara itu pekerja perusahaan minyak negara, dokter, dan pilot bergabung dengan kelompok sipil yang menentang pengambilalihan itu.

Ribuan orang turun ke jalan sejak kudeta pada Senin (25/10) lalu yang dipimpin oleh panglima angkatan bersenjata Jenderal Abdel Fattah al-Burhan, dan beberapa tewas dalam bentrokan dengan pasukan keamanan.

Burhan memberhentikan dewan sipil-militer gabungan yang dibentuk untuk mengarahkan negara itu ke pemilihan demokratis, setelah penggulingan otokrat Omar al-Bashir dalam pemberontakan rakyat pada April 2019.

Dia mengklaim bertindak untuk menghentikan negara itu tergelincir ke dalam perang saudara. Namun keputusan Bank Dunia menghentikan pembayaran dan operasi merupakan kemunduran untuk salah satu negara termiskin di Afrika.

Setelah terisolasi dari sistem pembiayaan internasional selama tiga dekade pemerintahan Bashir, Sudan mencapai keterlibatan kembali penuh dengan Bank Dunia pada Maret lalu dan memperoleh akses ke pembiayaan $2 miliar.

"Saya sangat prihatin dengan peristiwa baru-baru ini di Sudan, dan saya khawatir dampak dramatis ini dapat terjadi pada pemulihan dan pembangunan sosial dan ekonomi negara itu," kata Presiden Bank Dunia David Malpass dalam sebuah pernyataan dari Washington dikutip dari Reuters.

"Kami berharap perdamaian dan integritas proses transisi akan dipulihkan, sehingga Sudan dapat memulai kembali jalur pembangunan ekonominya dan dapat mengambil tempat yang semestinya dalam komunitas keuangan internasional," sambungnya.

Abdalla Hamdok, perdana menteri dalam pemerintahan transisi yang digulingkan, memuji keterlibatan kembali Bank Dunia sebagai pencapaian besar, dan bergantung pada pendanaan untuk beberapa proyek pembangunan besar.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2