Nadiem Ziarah ke Makam Bung Karno di Blitar

Minggu, 24/10/2021 14:50 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim berziarah ke makam Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia Ir. Soekarno di Kota Blitar pada Kamis (21/10) lalu. Dia didampingi oleh Puti Guntur Soekarno, serta Walikota Blitar, Santoso.

Dalam kunjungannya, Nadiem merasa sangat beruntung bisa mendapatkan pemahaman baru dari sejarah dan kisah pendiri bangsa.

"Ini adalah kunker yang sangat spesial buat saya. Secara personal, karena menggerakkan motivasi mengenai masa depan kita dan juga sejarah kita," ujar Nadiem.

Bagi Menteri Nadiem, pendidikan karakter generasi muda dapat dicapai salah satunya melalui pemahaman sejarah yang baik.

"Ayah Bung Karno adalah seorang guru. Lahirnya negara kita ini karena anak seorang guru. Artinya, guru punya arti penting dalam mendidik dan membentuk karakter anak yang menjadi penerus bangsa," katanya.

Dilanjutkan Nadiem, sejarah pembentukan republik dan sejarah pendidikan di Indonesia yang hebat dan panjang saling terkait. "Saya percaya bahwa banyak pemikiran beliau yang perlu kita refleksikan kembali untuk membantu kita memajukan Indonesia," ujarnya.

"Anak-anak kita harus bisa memahami dan merefleksikan kembali pemikiran tokoh-tokoh bangsa sehingga mereka tidak lupa dengan identitasnya sebagai generasi yang akan melanjutkan pembangunan nasional," tutur Mendikbudristek.

Sementara itu, Puti Guntur Soekarno menyampaikan apresiasinya kepada Menteri Nadiem, dan menekankan pentingnya generasi muda untuk memahami sejarah dan belajar dari kisah para pendiri bangsa. Disebutnya, Bung Karno memimpikan bangsa Indonesia memiliki jati diri yang kuat.

"Merdeka Belajar haruslah dapat mengembangkan karakter (generasi muda) yang kuat," kata Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) itu kepada awak media.

"Semoga ini menjadi semangat kepada anak didik kita dan para guru, bahwa Indonesia ada karena sejarah yang sangat panjang," imbuh Puti.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2