Selasa, 19/06/2018 04:03 WIB

Cara Mudah Mengusir Depresi

Pernah mengalami kondisi suasana hati kian buruk dan berlangsung dalam rentan waktu tertentu? Tidak salah lagi, Anda tengah mengalami depresi.

Ilustrasi Wanita Stress

Jakarta - Pernah mengalami kondisi suasana hati kian buruk dan berlangsung dalam rentan waktu tertentu? Tidak salah lagi, Anda tengah mengalami depresi. Depresi dapat membuat Anda tak berdaya, sedih berlarut-larut, dan putus harapan.

Kondisi seperti ini umum terjadi. Apalagi di waktu-waktu Anda tengah menghadapi berbagai masalah keuangan, sosial, cinta, trauma, atau bahkan ketergantungan terhadap alkohol dan narkoba. Hal-hal semacam ini bisa menjadi pemicu Anda mengalami depresi.

Jangan anggap sepele depresi. Depresi bukanlah sekedar perubahan emosional, melainkan semacam penyakit yang dapat menyebabkan hal-hal buruk terjadi, seperti menurunkan kecenderungan berkomunikasi, merasa tersisih, hingga keinginan untuk bunuh diri.

Untuk mengobati depresi, Anda dapat melakukan berbagai pengobatan, di  antara yang umum dilakukan adalah pergi ke dokter atau berkonsultasi kepada psikiater. Tidak ada yang salah jika Anda memilih untuk meminum obat-obat anti-depresan tertentu, namun ternyata ada cara yang lebih praktis. Seperti apa?

  1. Lakukan rutinitas Anda

Jika Anda mengalami depresi, mungkin Anda harus memaksa diri untuk melakukan rutinitas yang selalu Anda jalani setiap hari. Psikiater dan Direktur Riset dan Klinik UCLA, Ian Cook, MD, mengatakan bahwa depresi biasanya akan menjauhkan Anda dari rutinitas harian.

  1. Buat target

Seringkali depresi menghalangi Anda untuk menyelesaikan pekerjaan. Walhasil, tugas menjadi terbengkalai dan Anda merasa terbebani. Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk membuat target-target harian yang sederhana dan dapat tercapai. Jika Anda merasa lebih baik dengan target-target tersebut, coba ditingkatkan dengan target yang lebih besar, agar lebih menantang.

  1. Berolahraga

Saat berolahraga, secara otomatis Anda tengah mengalirkan sejumlah zat Endorphin [senyawa kimia yang membuat seseorang merasa senang] ke otak. Semakin sering Anda berolahraga, maka semakin baik tetap berpikir positif. Tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat, cukup berjalan-jalan kecil secara rutin.

  1. Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi

Hanya ada dua kemungkinan saat Anda mengalami depresi, Anda malas makan atau justru selera makan Anda meningkat dari biasanya. Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk mengontrol makanan Anda untuk memakan makanan yang sehat dan bergizi. Cook mengatakan makanan yang mengandung asam lemak omega-3, seperti salmon dan tuna, atau asam folat, seperti bayam dan alpukat, dapat membantu meringankan depresi.

  1. Tidur teratur

Dikutip dari Web MD, depresi dapat membuat Anda sulit tidur. Kurang tidur pun dapat membuat depresi Anda makin parah. Cobalah untuk mengubah kebiasaan Anda, dan terapkan tidur yang cukup. Anda bisa menambah dengan tidur siang, agar kebutuhan istirahat Anda cukup.

TAGS : Mengatasi Depresi Tips Kesehatan




TERPOPULER :