Rabu, 02/12/2020 19:41 WIB

BMKG: Waspadai, 13-20 November 2016

Masyarakat dihimbau berhati-hati dan waspada ketika beraktifitas di luar, hujan lebat

Ilustrasi Banjir Jakarta (infonitas.com)

Jakarta - Potensi cuaca esktrem akan meningkat 13 - 20 November 2016. Sebab itu, masyarakat dihimbau waspada pada periode tersebut.

Sumber menyebut akibat kondisi dinamika atmosfer yang lembab dan basah dan pemanasan yang tinggi serta kondisi lokal yang kuat, bisa meningkatkan kejadian bencana hidrometeorologi di beberapa wilayah Indonesia.

BMKG dalam lamannya menyebut, Minggu (13/11/2016), wilayah tersebut diantaranya, seperti banjir bandang di Bandung dan Aceh, tanah longsor di Garut, serta angin kencang di Kalimantan Selatan.

Dalam beberapa hari kedepan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Sumatera dan Jawa relatif tinggi. Diprakirakan potensi hujan lebat disertai kilat, petir serta angin kencang masih terus meningkat dalam seminggu kedepan khususnya di wilayah: Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung, Kep. Riau, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara.

Masyarakat dihimbau berhati-hati dan waspada ketika beraktifitas di luar, hujan lebat dengan durasi singkat pada sore hari yang dapat menyebabkan genangan bahkan banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang dan jalan licin.

TAGS : BMKG hujan lebat cuaca




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :