Jum'at, 23/08/2019 21:46 WIB

Luar Negeri

Konsulat Jerman di Afganistan Diserang Bom

Zabihullah Majahid yang  mengaku berbicara buat faksi Taliban kepada media  menyatakan,  bertanggung-jawab atas serangan tersebut.

Afghanistan - Sebanyak empat orang yang semuanya warga negara Afghanistan tewas dan 33 orang lagi cedera,  dalam serangan terhadap Konsulat Jerman di Mazar-e-Sharif di bagian utara Afganistan pada Kamis (10/11) malam waktu setempat.

"Itu adalah bom mobil yang diledakkan untuk membangun Konsulat Jerman di Kota Mazar-e-Sharif sekitar pukul 11.00 waktu setempat, Kamis, sehingga menewaskan empat orang dan melukai 33 orang lagi," kata Kepala Polisi Provinsi Sayed Kamal Sadat kepada wartawan dalam jumpa pers di Mazar-e-Sharif.

"Tak ada warga negara Jerman yang cedera dalam serangan tersebut," kata pejabat tersebut dilansir  Xinhua.  Namun, ia mengkonfirmasi bahwa tiga personel keamanan cedera dalam ledakan dan baku tembak di Mazar-e-Sharif.

Seorang dokter di Mazar-e-Sharif, yang membantah keterangan Sadat, mengkonfirmasi bahwa empat mayat dan 120 orang yang cedera telah dibawa ke rumah sakit sejak Kamis malam.

Sementara itu, Zabihullah Majahid yang  mengaku berbicara buat faksi Taliban kepada media  menyatakan,  bertanggung-jawab atas serangan tersebut. Ia berkeras pemboman bunuh diri terhadap Konsulat Jerman di Mazar-e-Sharif telah merenggut korban jiwa dari warga negara Jerman dan personel keamanan Afghanistan dan menyediakan keamanan buat bangunan itu, tapi pernyataan tersebut dibantah dengan tegas oleh Kepala Polisi Balkh.

Sadat, Kepala Polisi Balkh, secara tegas menyatakan tak ada warga negara Jerman yang cedera dalam serangan itu. Untuk menjadi kestabilan keamanan di sekitar misi diplomatik di Mazar-e-Sharif, Misi Resolute Support, pimpinan NATO, mengerahkan pasukan reaksi cepatnya sebagai jawaban atas serangan terhadap Konsulat Jerman pada Kamis malam.

TAGS : Bom Konsulat Jerman




TERPOPULER :